Politik Pemerintahan

Musda PAN Kota Kediri Tunjuk 7 Orang Formatur

Mantan Ketua DPD PAN Kota Kediri Abdul Bagi

Kediri (beritajatim.com) – Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Kediri berlangsung secara virtual. Dalam Musda ini, DPP PAN menunjuk tujuh orang tim formatur.

Ketujuh nama tersebut antara lain, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar sebagai perwakilan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jawa Timur, Abdul Baqi (mantan kKetua DPD PAN Kota Kediri periode 2015-2020) dan lima anggota DPRD Kota Kediri dari Fraksi PAN, Kholifi Yunon, Reza Darmawan, Firdaus, Anton Dipayasa dan Panggihono.

“Jadi siapa yang menjadi Ketua DPD dan Sekretaris DPD PAN Kota Kediri periode ini masih belum ditentukan. Cuma dari tujuh nama tim formatur yang telah ditunjuk oleh DPP ini memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi ketua DPD terkecuali nama Abdullah Abu Bakar, lantaran merupakan utusan dari DPW yang bertugas untuk memantau proses pembentukan kepengurusan DPD PAN Kota Kediri,” kata Abdul Baqi, mantan Ketua DPD PAN Kota Kediri yang ikut ditunjuk.

Tim Formatur memiliki tugas untuk melengkapi susunan pengurus DPD PAN untuk memilih Ketua DPD dan Sekretaris.

“Jadi tim formatur ini memiliki kewenangan dan tugas untuk menentukan Ketua DPD dan Sekretaris melalui asas mufakat. Namun bila mana dalam proses mufakat nanti terjadi deadlock (tidak menghasilkan keputusan), maka jabatan sebagai ketua dan sekretaris akan ditentukan oleh DPP,” terang pengusaha kulit ini.

Berdasarkan arahan dari DPP, kata Bagi, jika kepengurusan DPD PAN Kota Kediri ditargetkan selesai maksimal dalam waktu 30 hari terhitung mulai hari ini, Kamis (18/2/2021).

“Ya sesuai arahan maksimalnya 30 hari. Namun saya yakin ini bisa dilakukan lebih cepat,” ucapnya.

Sekedar diketahui, dalam Musda PAN Kota Kediri ada 15 nama kader yang dari awal getol maju. Mereka telah mengumpulkan makalah sebagai prasyarat pencalonan. Tetapi DPP akhirnya menunjuk tujuh orang.

Penunjukkan ketujuh nama itu dilatarbelakangi jika ke tujuh nama formatur ini dianggap memiliki kapasitas mampu untuk mendulang suara di Pileg mendatang. DPP berharap PAN tidak hanya sekedar menang di daerah, tetapi mampu sumbangsih perolehan suara politik secara Nasional. [nm/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar