Politik Pemerintahan

Mundur Saat Pengusulan NIP, 1 CPNS di Ponorogo Kena Sanksi

Para CPNS formasi tahun 2019 sedang menerima SK Bupati Ponorogo. (Foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Sebanyak 490 orang telah menerima surat keputusan bupati Ponorogo terkait pengangkatan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Ya, jumlah tersebut merupakan peserta CPNS formasi tahun 2019 yang akhirnya lolos dari seleksi CPNS yang diadakan oleh Pemkab Ponorogo. Penyerahan dilakukan di Gedung Sasana Praja dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Iya hari ini ada penyerahan SK bupati tentang pengangkatan CPNS formasi tahun 2019,” kata Kabid Perencanaan Pengadaan Pengolahan Data dan Sistem Informasi (PPPDSI) Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Iwan Yono Saputro, usai acara Selasa (22/12/2020).

Iwan menyebut sebenarnya ada 491 orang peserta CPNS yang lolos dan diusulkan untuk mendapatkan SK Bupati Ponorogo. Namun, ditengah proses pengusulan Nomor Induk Pegawai (NIP), ada satu CPNS yang mengundurkan diri. Yang bersangkutan dari formasi tenaga pendidik, Iwan enggan menyebutkan alasan pengunduran diri dari peserta CPNS tersebut. “Alasannya pribadi, tidak bisa saya sebutkan alasan pastinya,” katanya.

Pengunduran peserta CPNS ini pada saat proses penetapan NIP, Iwan mengaku pihaknya tidak bisa mengganti dengan peserta yang lain. Lain halnya kalau pengunduran itu masih dalam tahap pemberkasan. Pihaknya masih bisa mengusulkan ke panitia seleksi nasional (panselnas) CPNS untuk dilakukan pergantian.

“Dulu juga ada satu orang yang mengundurkan diri, ya juga dari formasi guru. Namun masih bisa dicarikan penggantinya, karena masih dalam tahap pemberkasan,” ungkap Iwan.

Karena mundur pada saat proses pengusulan NIP, maka yang bersangkutan akan mendapatkan sanksi. Sanksinya, kata Iwan adalah yang bersangkutan di tahun berikutnya tidak boleh mengikuti seleksi CPNS. Dia menambahkan 490 yang menerima SK Bupati ini, akan aktif bekerja pada tanggal 4 Januari 2021 nanti.

“Mereka langsung bekerja ke OPD masing-masing, sesuai dengan formasi tempat mereka mendaftar dulu. Karena 1 Januari 2021 libur, mereka efektif bekerja ya tanggal 4 Januari,” pungkasnya. (end/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar