Politik Pemerintahan

Munculkan Makam Ki Mageti, Bupati Magetan Bakal Bangun Jembatan Gantung

Magetan (beritajatim.com) – Jembatan gantung khusus pejalan kaki rencananya akan dibangun untuk menghilangkan kesan suram Kali Gandong Kabupaten Magetan. Rencana ini sebagai bagian dari program pemusatan kawasan kota dan perekonomian di kawasan pasar baru Magetan.

“Rencananya pusat kota tidak berada di alun-alun, tetapi di kawasan pasar baru. Sehingga dibangun akses untuk pejalan kaki dengan konsep jembatan gantung yang melintang dari selatan (bekas kantor kas Bank Jatim) hingga ke utara (pasar baru),” terang Bupati Magetan Suprawoto.

Bupati Suprawoto saat meninjau lokasi Pembangunan Jembatan Gantung di Gang Lorokan, Kelurahan Kebonagung, Kecamatan / Kabupaten Magetan. (Foto: Prokopim Magetan)

Kawasan bekas kantor kas Bank Jatim tersebut juga merupakan kawasan Makam Ki Mageti, sang tokoh babat Magetan. Sehingga, Kang Woto berharap kalau jembatan tersebut juga bakal memunculkan Makam Ki Mageti yang selama ini tersembunyi di belakang Gedung Kokardan.

Selama ini tak banyak masyarakat yang tahu di mana makam Ki Mageti yang merupakan tokoh besar sejarah Kabupaten Magetan.

Adapun konsep jembatan gantung dengan panjang total 100 meter dan lebar 2,5 meter, perencanaannya sedang dikerjakan oleh para konsultan. “Sudah ada konsep, dan kami akan berdiskusi dengan Bakrie Steel/PT. Krakatau Steel agar material bisa dikerjakan dengan para ahli baja. Agar sinkron dan disesuaikan kemampuan Bakrie/Krakatau Steel dengan perencanaan,” jelas Kepala Dinas PUPR Muhtar Wakid.

Ada dua alternatif konsep jembatan yakni model plengkung, dan model cable stayed seperti jembatan Suramadu. Tentunya dengan mempertimbangkan workability, yakni kemudahan dalam pelaksanaan. [fiq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar