Politik Pemerintahan

Mulai Bulan Ini Warga Terdampak Corona di Jombang Terima Sembako

Kepala Dinsos Jombang Moch Saleh

Jombang (beritajatim.com) – Dinas Sosial (Dinsos) Jombang terus melakukan pendataan jumlah warga yang terdampak wabah virus corona atau Covid-19. Selanjutnya, mereka akan mendapatkan bantuan paket sembako mulai bulan ini.

“Mereka mendapatkan bantuan sembako mulai April, awal Mei dan menjelang hari raya (Idul Fitri). Jadi sebanyak tiga kali. Paket bantuan itu berupa 10 Kg beras, 2 liter minyak goreng dan dua Kg gula pasir,” ujar Kepala Dinsos Jombang Moch Saleh, Selasa (7/4/2020).

Saleh menjelaskan, saat ini pihaknya masih melakukan pendataan yang berasal dari desa melalui kecamatan masing-masing. Dinsos menegaskan bahwa prioritas yang masuk dalam pendataan adalah warga miskin. Nah, berdasarkan data terpadu kemiskinan daerah, lanjut Saleh, terdapat 27 ribu rumah tangga miskin.

“Data di aplikasi kami terdapat 27 ribu rumah tangga miskin. Selebihnya, kami masih menunggu data dari desa dan kecamatan. Selanjutnya, data-data tersebut kita verifikasi. Hingga saat ini masih delapan kecamatan yang sudah setor data. Terakhir penyerahan besok (Rabu),” kata Saleh.

Saleh melanjutkan, ada sembilan kriteria yang akan mendapatkan bantuan tersebut. Yakni, warga miskin yang belum pernah menerima bansos (bantuan sosial) baik dari pemerintah pusat maupun provinsi, kemudian lansia yang terlantar, serta disabilitas.

Kriteria lainnya adalah sektor informal yang terputus usahanya akibat wabah corona. Semisal PKL (pedagang kaki lima), penjual sayur dan sejenisanya. Juga jasa angkutan umum seperti pengemudi dan tukang ojek, lalu sektor industri kecil yang terputus produksinya karena wabah tersebut, serta buruh tani dan warga miskin yang tidak mempunyai NIK (nomor induk kependudukan).

“Yang menerima bantuan tersebut ukurannya bukan per orang. Tapi setiap rumah tangga atau dalam bahasa jawanya per wuwung,” pungkas Ketua Bidang Pemulihan dan Layanan Dasar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang ini. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar