Politik Pemerintahan

Mulai 28 April, Begini PSSB di Sidoarjo

PSBB: Foto Ilustrasi

Sidoarjo (beritajatim.com) – Pemkab Sidoarjo, memutuskan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), yang dimulai Selasa 28 April 2020. Sosialisasi akan dilakukan sejak Sabtu 25 April 2020. Masa sosialisasi akan dilakukan selama 3 hari, kemudian dilanjutkan dengan PSBB secara resmi dan serentak di 18 Kecamatan.

“PSBB dimulai pada hari Selasa dan dilakukan di seluruh Kabupaten Sidoarjo,” kata Wabup Sidoarjo H. Nur Ahmad Saifuddin (Cak Nur) Jum’at (24/4/2020).

Beberapa peraturan dan sanksi ketika masa PSBB, sudah diatur dalam Perbup dan Pergub. Hal ini akan disosialisasikan dalam tiga hari ke depan.

Peraturan tersebut diantaranya adalah, berlakunya jam malam mulai pukul 21.00 Wib sampai pukul 04.00 Wib. Salat tarawih dan salat jum’at dilakukan dirumah. Salat wajib lima waktu di izinkan berjamaah di masjid.

R2 hanya boleh berboncengan dengan keluarga serumah, warung makan dan cafe hanya melayani take away. Point-point tersebut sesuai dengan hasil rapat yang digelar Forkopimda di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo Jum’at (24/4/2020) sore.

Sanksi administrasi juga diterapkan bagi setiap orang yang melakukan pelanggaran. “Perbup memang administrasi sanksinya, tetapi apabila yang dilakukan itu bertentangan dengan Undang-Undang yang lain maka bisa dikenakan sanksi sesuai Undang-Undangnya,” tegas wabup.

Namun ada pengecualian untuk hal yang berurusan dengan kesehatan, energi, makanan dan minuman. Masyarakat yang bekerja di bidang tersebut tetap diizinkan bekerja di jam malam dengan syarat menunjukan kartu identitas perusahaan atau instansi terkait.

Sementara itu, imbauan untuk mudik pihak Pemkab Sidoarjo menyarankan agar menunda hingga kondisi pandemi ini selesai. Sebab akan ada banyak orang yang dirugikan jika tetap bersikukuh melakukan tradisi tersebut. “Mudik saya rasa jangan dulu lah, jika memang mau mudik berarti harus bersedia di isolasi mandiri selama 14 hari,” himbau Cak Nur. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar