Politik Pemerintahan

MUI Se-Kecamatan Paciran Dikukuhkan, Jalin Sinergitas Umaro dan Ulama

Lamongan (beritajatim.com) – Pimpinan dan Kepengurusan Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Tingkat Desa/Kelurahan se-Kecamatan Paciran Masa Khidmat 2021-2026 dikukuhkan Di Pendopo Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, pada Selasa (22/6/2021).

Pengukuhan ini dipimpin langsung oleh Ketua MUI Kabupaten Lamongan, KH Abdul Aziz Khoiri. Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua MUI Kecamatan Paciran KH. Salim Azhar, Camat Paciran Yuli Wahyuono SH MM,  Kapolsek Paciran AKP Supardi SH, Danramil Kapten Arm Hari, Rois Syuriah MWC NU Paciran, KH Abdul Ghoni, dan beberapa tokoh lainnya.

Mengingat kondisi masih Pandemi, kegiatan pelantikan ini dilakukan dengan membatasi tamu undangan dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat. Acara pelantikan ini dimulai pada pukul 10.30 Wib.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Paciran Yuli Wahyuono SH MM menyampaikan ucapan terima kasihnya dan mengapresiasi semangat dari para pengurus dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. Menurutnya, pihaknya juga siap memfasilitasi rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh MUI setempat.

“Dalam melaksanakan kegiatannya, kami berharap MUI yang baru dilantik ini untuk terus melakukan koordinasi dengan Pemdes setempat. Adanya pandemi ini semoga tidak menghalangi produktifitas, solidaritas, dan seduluran kita,” ungkap Yuli saat itu.

Lebih lanjut, Yuli juga memohon bantuan kepada seluruh pengurus MUI yang baru saja dilantik untuk terus memotivasi dan memberikan penjelasan kepada masyarakat agar sosialisasi terkait pandemi bisa berjalan dengan maksimal, dikarenakan pada akhir-akhir ini situasi kondisi pandemi Covid 19 mengalami peningkatan di Lamongan.

“ke depan, sinergitas dari ulama dan umaro ini sangat kami butuhkan untuk bisa saling bahu membahu dan bekerjasama dalam upaya menanggulangi terjadinya lonjakan Covid-19 di wilayah ini. Bahkan bersama-sama menciptakan masyarakat yang kondusif, adem tentrem, dan tentunya religius seperti yang kita tahu bahwa di Paciran ini banyak Pesantren dan ulama, baik yang bertaraf nasional dan internasional,” terangnya saat diwawancarai.

Sementara itu, KH Salim Azhar selaku Ketua MUI Paciran menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pihak yang telah membantu dalam mensukseskan acara pelantikan ini. Pihaknya juga berharap, bahwa MUI di tingkat Kelurahan/Desa di Paciran ini bisa bersama-sama membantu tugas pemerintah, terutama masalah penegakan Prokes.

“Terimakasih kepada Aghniya yang telah membantu dan menggerakkan demi terwujudnya Kantor MUI Paciran. Semoga pandemi Covid-19 ini bisa lekas reda dan kembali normal. Mari kita sampaikan hal-hal yang baik kepada masyarakat, terutama urusan kesehatan. Juga menasehati umat untuk bisa lebih dekat kepada Allah dan mencegah kemaksiatan,” jelas KH Salim Azhar yang juga Rois Syuriah PCNU Lamongan.

Lebih jauh, Ketua Dewan MUI Lamongan KH Aziz Choiri menuturkan, agar seluruh pengurus yang baru saja dilantik mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Serta terus melakukan syiar Islam kepada masyarakat secara tulus dan santun.

“Islam itu mengenal dharuriyatul khams atau maqashid syariah yaitu hifdzud din, hifdzun nafs, hifdzul maal, hifdzul aql, dan hifdzun nasl. Maka dalam melaksanakan praktik keagamaan harus mempertimbangkan itu. Syariat Islam juga sangat mengutamakan untuk menjaga kesehatan dibandingkan dengan yang lain. Maka di saat pandemi ini penting bagi kita untuk terus ikut serta mencegah penularan Covid-19,” tuturnya.[riq/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar