Politik Pemerintahan

MPP Sidoarjo Diresmikan Menteri PAN RB

Sidoarjo (beritajatim.com) – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sidoarjo yang berada di Gedung Sidoarjo Community Center (SCC) di Jalab Veteran Lingkar Timur Sidoarjo, diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Drs. Syafruddin, M.Si, Selasa (29/1/2019).

Hadir dalam peresmian itu, Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN RB Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA, Asisten Perencanaan Umum dan Pengembangan Polri, Kepala Biro Reformasi Birokrasi Polri, Wakapolda Jawa Timur, Bupati Sidoarjo, Wakil Bupati Sidoarjo, Pimpinan Forkopimda Kab. Sidoarjo dan tamu undangan lainnya.

Menurut Bupati Sidoarjo H. Saiful llah, Mal Pelayanan Publik ini merupakan impian dari masyarakat Sidoarjo untuk mendapatkan pelayanan yang cepat, dan murah. “Ada 24 instansi dengan 168 jenis pelayanan ada di MPP ini,” katanya.

MPP ini diwujudkan sebagai tindak lanjut Keputusan Menteri PAN RB No. 11 Tahun 2018 tentang Penetapan Lokasi Percontohan MPP yang ditandatangani pada tanggal 7 Februari 2018 di Kantor Kementerian PAN RB.

Saiful llah menjelaskan, MPP ini menempati area seluas 1.500 m, dan area parkir seluas 1 Ha, dengan didukung fasilitas jaringan internet nirkabel.

Peserta di MPP ini diantaranya Dinas Penanaman Modal Kabupaten Sidoarjo, Badan Pelayanan Pajak Daerah Kabupaten Sidoarjo, Dispenduk Capil, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, Polresta Sidoarjo, Kemenag Sidoarjo, Kantor Imigrasi Surabaya dan lain Sebagainya.

Menpan RB Syafrudin keloling stand pelayanan

Masih kata Saiful llah, untuk kedepannya Pemkab Sidoarjo merencanakan membangun Gedung perkantoran terpadu, dengan harapan tidak hanya menjadi MPP saja. Melainkan juga menjadi kantor bersama pemerintah daerah.

“Dengan satu lokasi yang terintegrasi diharapkan masyarakat mendapatkan pelayanan yang lebih baik dan mudah,” harap Saiful llah.

Menteri PAN RB Drs. Syafruddin, M.Si mengapresiasi MPP Kab. Sidoarjo ini dibangun salah satunya upaya untuk menjawab tuntutan jaman. MPP ini merupakan proses kolaborasi yang menjembatani kebijakan publik yang memadukan layanan pemerintah pusat, daerah, swasta dalam satu tempat.

“Tidak menutup kemungkinan MPP ini akan cepat penuh, tidak akan bisa memenuhi antusiame masyarakat,” terang dia.

Sebelum melakukan peninjauan ke stand pelayanan publik, Menteri PAN RB menandatangani prasasti peresmian MPP Kabupaten Sidoarjo. [isa/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar