Politik Pemerintahan

Motivasi RT, Pemkot Kediri Gelar Prodmas Award

Kediri (beritajatim.com) — Prodamas Award sebagai bentuk apresiasi dan motivasi Pemerintah Kota Kediri terhadap lingkungan RT yang dinilai paling berhasil dalam pelaksanaan Prodamas, maka dari itu Prodamas Award kembali digelar di GOR Jayabaya, Selasa (26/11/2019). Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar turut hadir sekaligus memberikan arahan kepada seluruh RT/RW yang hadir dalam acara tersebut.

Abdullah Abu Bakar dalam sambutannya mengatakan bahwa Prodamas sudah berjalan 5 tahun dengan baik. Prodamas dilakukan dengan cara membangun bersama bukan hanya pemerintah saja namun masyarakat terlibat langsung dalam pembangunan di daerah tempat tinggalnya.

Untuk itu Prodamas di tahun berikutnya model membangun bersama tetap dilakukan karena model ini nampaknya jauh lebih cepat khususnya dalam mengejar ketinggalan terkait dengan pembangunan infrastruktur yang paling dasar di daerah lingkup RT.

“Ada banyak macam infrastruktur yang sudah dibangun melalui prodamas seperti gorong-gorong, saluran air, pos kamling, paving dan lain-lain. Selain dibangunnya infrastruktur tersebut saya juga ingin di kampung-kampung psikologi warga berubah contohnya dengan menjaga lingkungannya agar tetap bersih dan indah. Kalau di Kota Kediri ada beberapa daerah yang kumuh, tolong bapak ibu RT kita bareng-bareng menyelesaikan kekumuhan dan mudah-mudahan tidak ada lagi daerah kumuh di Kota Kediri,” ujarnya.

Lebih lanjut Mas Abu mengatakan, dengan adanya prodamas ada dampak positif yang terjadi yaitu Kota Kediri dapat penghargaan dari hasil program prodamas seperti kota layak anak tingkat pertama dan madya, TPID terbaik, kepala daerah inovatif, penghargaan pembangunan daerah, kota layak pemuda dan juga penghargaan sebagai kota sehat. Penghargaan itu berturut turut didapatkan, hal itu berarti ada perubahan yang signifikan dari hasil program ini dan secara ekonomi Kota Kediri juga lebih baik dari daerah lain.

Orang nomor satu di Kota Kediri juga berterimakasih kepada Lurah dan Camat yang terus mengawal Prodamas mulai awal sampai sekarang ini. Kedepan harus bekerja lebih keras lagi untuk Prodamas, karena hasil dari program tersebut harus jauh lebih baik ketimbang tahun sebelumnya.

“Harapan saya Kota Kediri walaupun kecil tapi cantik dan disukai semua orang supaya ekonomi bagus jadi harus bangun daerah kita bersama. Selain itu kita juga membangun sumber daya manusia, sehingga perlu terobosan baru untuk membangun sumber daya manusia Kota Kediri. Terimakasih juga pada kelurahan yang sudah berinovasi sehingga mendapat penghargaan malam ini, dan juga antara lurah dan warganya harus terus kompak dalam membangun daerahnya,” kata Walikota Kediri.

Prodamas Award 2019 ini menggandeng tim penilai dari insan pers dan akademisi. Untuk pemenang dari Prodamas Award dibagi menjadi 5 kategori yakni bidang Infrastruktur, bidang sosial, bidang ekonomi, bidang kinerja RT terbaik, dan bidang partisipasi masyarakat. Berikut pemenang tiap kategori, yang pertama nominator Bidang Infrastruktur :
RT 01 RW 01 Kelurahan Tempurejo
RT 20 RW 08 Kelurahan Betet
RT 15 RW 04 Kelurahan Singonegaran
RT 19 RW 07 Kelurahan Banaran
RT 22 RW 06 Kelurahan Balowerti
RT 04 RW 01 Kelurahan Ringinanom
RT 02 RW 01 Kelurahan Pocanan
RT 04 RW 06 Kelurahan Lirboyo
RT 04 RW 06 Kelurahan Mrican
RT 31 RW 10 Kelurahan Mojoroto
RT 26 RW 09 Kelurahan Tosaren sebagai yang terbaik.

Nominator Bidang Sosial:
RT 04 RW 01 Kelurahan Bangsal
RT 03 RW 03 Kelurahan Tinalan
RT 07 RW 02 Kelurahan Ngletih
RT 25 RW 05 Kelurahan Singonegaran
RT 22 RW 05 Kelurahan Jamsaren
RT 03 RW 10 Kelurahan Dandangan
RT 05 RW 06 Kelurahan Manisrenggo
RT 25 RW 05 Kelurahan Pojok
RT 03 RW 04 Kelurahan Bandar Kidul
RT 06 RW 02 Kelurahan Sukorame
RT 04 RW 02 Kelurahan Setonopande sebagai yang terbaik.

Nominator bidang Ekonomi :
RT 02 RW 07 Kelurahan Tinalan
RT 02 RW 01 Kelurahan Ketami
RT 03 RW 05 Kelurahan Ketami
RT 01 RW 01 Kelurahan Banjaran
RT 04 RW 02 Kelurahan Ngronggo
RT 04 RW 07 Kelurahan Dandangan
RT 04 RW 06 Kelurahan Manisrenggo
RT 21 RW 05 Kelurahan Pojok
RT 01 RW 08 Kelurahan Mrican
RT 29 RW 10 Kelurahan Sukorame
RT 01 RW 05 Kelurahan Bangsal sebagai yang terbaik.

Nominator Bidang Kinerja RT Terbaik :
RT 11 RW 04 Kelurahan Tempurejo
RT 38 RW 07 Kelurahan Pesantren
RT 13 RW 03 Kelurahan Pekunden
RT 09 RW 02 Kelurahan Ngletih
RT 02 RW 08 Kelurahan Ngadirejo
RT 01 RW 06 Kelurahan Manisrenggo
RT 32 RW 05 Kelurahan Semampir
RT 03 RW 02 Kelurahan Kemasan
RT 03 RW 02 Kelurahan Bujel
RT 03 RW 01 Kelurahan Gayam
RT 06 RW 02 Kelurahan Ngronggo sebagai yang terbaik.

Nominator Bidang Partisipasi Masyarakat :
RT 10 RW 02 Kelurahan Pekunden
RT 04 RW 02 Kelurahan Betet
RT 22 RW 09 Kelurahan Betet
RT 03 RW 03 Kelurahan Bawang
RT 25 RW 09 Kelurahan Banaran
RT 04 RW 09 Kelurahan Banjaran
RT 01 RW 09 Kelurahan Ngadirejo
RT 02 RW 05 Kelurahan Dandangan
RT 31 RW 06 Kelurahan Bandar Lor
RT 06 RW 01 Kelurahan Bujel
RT 20 RW 03 Kelurahan Semampir sebagai yang terbaik.

Untuk nominator dari bidang Infrastruktur, Ekonomi, Sosial, Partisipasi Masyarakat dan Kinerja RT mendapatkan uang pembinaan sebesar 1,5 juta. Sedangkan untuk nominator terbaik berhak mendapatkan piala, plakat, uang pembinaan sebesar 2 juta dan langganan gratis Koran Jawa Pos Radar Kediri selama 1 bulan.

Adapun penghargaan bagi 12 Kelurahan Terbaik yakni Kelurahan Ketami, Kelurahan Tempurejo, Kelurahan Betet, Kelurahan Jamsaren, Kelurahan Ngronggo , Kelurahan Rejomulyo, Kelurahan Setonopande, Kelurahan Ngadirejo, Kelurahan Bandar Kidul, Kelurahan Bandar Lor, Kelurahan Tamanan dan Kelurahan Mojoroto.

Terakhir, pengumuman juara umum diberikan kepada RT 06 RW 03 Kelurahan Darmo, berkat Kelompok Usaha Besama (KUBE) Nampol singkatan dari ‘Enam Jempol’ yang mampu memberikan dorongan bagi ibu-ibu untuk semakin kreatif dan inovatif. Kube Nampol ini mampu memanfaatkan bantuan di bidang kuliner, membuat aksesoris hingga tas rajut, selain itu administrasi keuangan di Kube juga tercatat rapi.

Dalam acara ini juga dilakukan pemberian akta dan santunan kematian sebesar 24 juta setiap orang oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada Almarhum Bapak Suwarno Ketua RT 02 RW 05 Kelurahan Mrican, Almarhum Bapak Agus Irawan Ketua RW 02 Kelurahan Bandar Kidul dan Almarhum Bapak Suntadji Ketua RW 08 Kelurahan Banaran. Mulai November 2019 ini RT dan RW diikutsertakan dalam jaminan sosial ketenagakerjaan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan jaminan dan perlindungan sosial bagi RT dan RW.

Turut hadir dalam acara ini Komandan Kodim 0809 Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kediri Martini, Direktur Jawa Pos Radar Kediri Tauhid Wijaya, Kepala Kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan Kediri Agus Suprihadi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Enny Endarjati, perwakilan Polres Kediri Kota, perwakilan Brigif, Kepala OPD Pemerintah Kota Kediri, Camat se-Kota Kediri, Lurah se-Kota Kediri, LPMK, Ketua RT dan RW peserta Prodamas Award. [adv humas/nng]

Apa Reaksi Anda?

Komentar