Politik Pemerintahan

Momen Pertama Ridwan Kamil ke Taman 1000 Gandrung

Banyuwangi (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil benar-benar mengeksplorasi destinasi Banyuwangi, Jawa Timur, untuk menghabiskan liburan akhir tahun. Seusai mendaki Gunung Ijen untuk melihat fenomena api biru (blue flame) yang mendunia, Ridwan beserta keluarga mengunjungi Taman Gandrung Terakota.

Taman Gandrung Terakota adalah situs budaya berisi ribuan penari gandrung di lahan sawah terasering di kaki Gunung Ijen yang merupakan kawasan taman bumi (geological park/geopark) nasional. Saat ini proses menuju seribu penari sedang dirampungkan. Taman itu berada di kawasan Jiwa Jawa Resort. Ini adalah situs untuk merawat dan meruwat Tari Gandrung, salah satu identitas kebudayaan Banyuwangi.

Situs budaya ini terhampar di puluhan hektar lahan persawahan yang dibiarkan tetap alami, berdampingan dengan aktivitas petani membajak sawah dengan kerbau, menanam dan memanen padi. Di tengah hamparan tersebut ada amfiteater terbuka untuk pertunjukan kesenian tradisional berjadwal dan konser musik jazz.

”Tempatnya keren, dirancang sangat profesional. Ditambah lagi suasana  pegunungan yang sangat mendukung,” puji Kang Emil, panggilan akrabnya, saat berdiri di deretan patung penari Gandrung yang berada di persawahan hijau, Jumat (27/12/2019).

Ridwan menyusuri setiap jengkal Taman Gandrung Terakota yang terinspirasi dari Terracotta Warrior and Horses di Tiongkok yang dibangun pada masa Kaisar Qin Shi Huang (259-210 SM) itu.  Dia turun ke persawahan, bahkan sampai ke bibir aliran kolam yang juga terdapat jejeran patung penari Gandrung. Di lokasi itu pula digelar Sendratari Meras Gandrung setiap bulannya, berisi ritual adat “wisuda” para penari Gandrung muda.

Tangan Ridwan Kamil senantiasa siaga mengambil foto keindahan taman tersebut dari berbagai angle.

”Sebuah taman luar biasa. Ada patung Gandrung yang khas, yang bertebaran di persawahan, pelataran, dan kolam air. Apalagi di sini ada fasilitas sanggar seni, galeri, kafe cokelat dan kopi. Lengkap dan asyik,” kata Kang Emil yang bersama sang istri sempat berpose menirukan aksi penari Gandrung.

Mantan wali kota Bandung itu juga menikmati berbagai karya seni di Galeri Jiwa Jawa yang berada di kompleks taman tersebut. Di sana terdapat seni patung, fotografi, wayang, hingga instalasi seni. Ada pula belasan lukisan bertemakan aktivitas penari Gandrung.

“Wah ternyata di kaki Gunung Ijen ada galeri seni luar biasa. Galeri ini memberikan keunikan yang semakin menguatkan kekhasan Banyuwangi,” ujarnya.

”Ini adalah sinergi yang baik antara Pak Sigit Pramono sebagai owner Taman Gandrung Terakota, Bupati Banyuwangi Azwar Anas, dan para pelaku seni yang menghasilkan keindahan alam dan budaya Indonesia. Semangat terus, semoga menginspairasi daerah lain,” imbuhnya.

Ridwan Kamil pun sempat berfoto di kompleks Jiwa Jawa Resort dari ketinggian, di mana dari sana bisa dinikmati keindahan Gunung Ijen di sisi barat; dan birunya Selat Bali di sisi timur. (rin/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar