Politik Pemerintahan

Momen Isra Miraj, Fandi Utomo: Agama Berperan Penting dalam Membentuk Karakter Bangsa

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam rangka memperingati Isra Miraj yang jatuh pada hari ini, Rabu (4/3/2019), calon legislatif DPR RI dari PKB, dapil Jatim 1 Surabaya-Sidoarjo nomor 3, Fandi Utomo mengajak masyarakat untuk terus membentuk karakter bangsa berdasarkan agama.

Pria yang akrab disapa FU ini menjelaskan, agama menjadi faktor paling fundamental dalam membangun sebuah peradaban. Dengan agama, setiap manusia dapat memiliki pedoman nilai yang jelas, dan memiliki budi pekerti yang positif.

“Agama selalu mengajarkan kita tentang kebaikan, pedoman hidup selama berada di dunia, ini yang harus kita jaga bersama,” jelasnya.

Mantan dosen ITS Surabaya ini juga menyebut, para elite juga harus memberikan contoh yang baik kepada rakyat. Caranya adalah dengan terus memberikan contoh positif agar bangsa Indonesia memiliki karakter yang kuat dengan tujuan memajukan Indonesia mempersiapkan era revolusi industri 4.0.

“Jangan sampai di era revolusi industri 4.0 bangsa Indonesia malah sibuk dengan hal-hal yang tidak perlu, yang diperlukan adalah menata seluruh komponen bagaimana masyarakat bisa maju namun tak meninggalkan sisi religiusitasnya,” urainya.

Oleh karenanya, dalam peringatan Isra’ Mi’raj 1440 Hijriah ini hendaknya menjadi momentum untuk menghilangkan sisi pesimisme, dan terus optimis menata masa depan bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Pada kesempatan ini, Fandi Utomo juga berpesan agar jangan sampai agama menjadi alat untuk memprovokasi masyarakat yang nantinya dapat memunculkan bibit bibit radikalisme berbasis agama. Hal ini karena Indonesia merupakan negara pancasila yang sangat menghargai perbedaan.

“Karena bagaimanapun negara ini negara pancasila yang bermacam-macam agamanya, kalau bisa disatukan diatas perbedaan untuk memajukan Indonesia, kenapa tidak,” pungkasnya. [ifw/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar