Politik Pemerintahan

Mesin Penyulingan Rusak, Dua Tahun Warga Pulau Mandangin Konsumsi Air Hujan

Sampang (beritajatim.com) – Memasuki musim penghujan tidak hanya menjadi harapan petani di Kabupaten Sampang untuk memulai bercocok tanam. Tetapi, musim hujan ternyata juga sangat dinanti-nanti oleh warga di kepulauan Desa Mandangin, Kecamatan/Kabupaten Sampang.

Pasalnya, air hujan menjadi salah satu harapan warga di kepulauan tersebut untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

“Kalau musim hujan, kita siapkan tandon untuk menyimpan air hujan. semisal untuk dikonsumsi dan mandi,” kata H Mu’is warga pulau Mandangin, Sabtu (14/11/2020).

H Muis menceritakan, sebenarnya dua tahun silam warga di kepulauan Mandangin tidak kesulitan tentang air bersih. Sebab, pemerintah telah membangun Desalinasi atau penyulingan air laut menjadi air tawar. Tetapi, mesin itu kini telah rusak.

“Mesin penyulingan air di desa kami sudah rusak selama dua tahun yang lalu. Makanya warga di kepulauan kembali mengkonsumsi air hujan,” imbuhnya.

Hal senada juga dikatakan oleh H.Yudik pemuda Desa Mandangin. Dirinya berharap pemerintah melalui dinas terkait untuk memikirkan nasib warga di kepulauan Mandangin tentang kebutuhan air bersih. Karena, pulau kecil tersebut dikelilingi laut dan tidak bisa mengebor tanah untuk mendapatkan air tawar.

“Air hujan bagi warga Mandangin sangat berharga untuk kebutuhan air bersih. Makanya kami berharap agar mesin penyulingan air di desa kami bisa kembali berfungsi,” harapnya.[sar/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar