Politik Pemerintahan

Menuju Profesionalisme Jurnalis, PWI Malang Jalin MoU dengan 12 Lembaga

Malang (beritajatim.com) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggelar penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) bersama beberapa instansi dan lembaga swasta, di Cafe Kemboja, Jalan Sultan Agung, Kota Batu, Sabtu (27/3/2021) siang ini.

MoU PWI Malang Raya bersama 12 instansi dan lembaga hari ini meliputi Pinus Junggle Camp, PT Pertamina Persero, Perumda Among Tirta, Perumda Tugu Tirta, PT Jasa Tirta I, PT Jaya Mayantara Media, KONI Kota Malang, KONI Kota Batu, DPD Apersi Jatim, Kadin Kota Malang, PMI Kabupaten Malang, dan Universitas Muhammadiyah Malang.

Ketua PWI Malang Raya, Cahyono, mengatakan, kegiatan penandatanganan MoU ini merupakan yang kedua kalinya. Sejauh ini, sudah 15 instansi atau lembaga yang sudah melakukan MoU dengan PWI Malang Raya.

“Penandatanganan MoU ini merupakan salah satu wujud kesiapan PWI Malang Raya untuk turut serta berkontribusi dalam pembangunan yang akan bermanfaat bagi masyarakat secara luas,” tegas Cahyono.

Kata Cahyono, kegiatan MoU ini salah satunya, dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan bagi profesi jurnalistik agar dapat meningkatkan kompetensi jurnalis/wartawan.

“Dengan MoU ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi wartawan terhadap kesadaran profesinya, dan dapat menyajikan berita-berita positif sehingga terus membangun aura-aura positif untuk membangun ekonomi di Malang Raya secara umum dan menyeluruh,” paparnya.

Cahyono melanjutkan, kedepannya diharapkan PWI Malang Raya dapat menjalankan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) guna meningkatkan profesionalisme wartawan.

“Tahun ini kami akan menggelar UKW agar dapat membangun ekosistem media yang sehat, berkualitas, dan profesional,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Perumdam Among Tirto, Kota Batu, Edi Sunaedi, menyampaikan, jika dirinya sangat mendukung langkah dan program PWI Malang Raya.

“Saya memandang memang perlu adanya UKW agar dapat meningkatkan profesionalisme wartawan,” pungkasnya.(yog/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar