Politik Pemerintahan

Menteri Ketenagakerjaan RI Buka Indonesia Digital Entrepreneurship Summit 2020 di Mojokerto

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah membuka Indonesia Digital Entrepreneurship (IDE) Summit 2020 di salah hotel di Kota Mojokerto. Tujuan digelarnya acara tersebut dapat menjadi katalisator untuk semakin tumbuhnya digital enterpreneurship khususnya di Mojokerto dan Provinsi Jawa Timur.

“Ini memfasilitasi pelaku digital enterpreneurhip yang jumlahnya tidak sedikit. Kami pertemukan mereka kemudian dari forum inilah terbangun satu komunitas yang mereka nanti akan kita fasilitasi melalui program-program yang ada di Kementerian Ketenagakerjaan,” ungkapnya, Jumat (23/2020).

Masih kata Ida, dalam kondisi Covid-19 saat ini Kementerian Ketenagakerjaan menerima Jaring Pengaman Sosial (JPS). Dari JPS tersebut digunakan untuk memperdayakan masyarakat terdampak Covid-19. Buruh yang terkenal Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dirumahkan dan terdampak Covid-19.

“Diantaranya adalah Program Padat Karya Produktif, Padat Karya Insfrastruktur, TKM. Dan ini salah satunya adalah lah kami memperdayakan, memfasilitasi teman-teman pelaku enterpreneurship digital. Kementrian Ketenagakerjaan menerima Rp500 milyar untuk semua program,” katanya.

Ida menjelaskan, modelnya adalah kelompok-kelompok. Satu kelompok maksimal 20 orang dengan berbagai kegiatan. Program tersebut diluar dari fungsi Kementrian Ketenagakerjaan RI yakni meningkatkan kompetensi. Menurutnya, latihan yang sudah ada selama ini akan tetap jalan terus.

“Tapi karena pasar kerja masih terbatas maka yang kita dorong adalah perluasan kesempatan kerja melalui membangun kewirausahaan untuk mengembangkan usaha mereka. Kami menfasilitasi teman-teman untuk mendapatkan literasi digital. Ini juga kita akan membentuk 2.000 kelompok masyarakat pelaku usaha,” ujarnya.

IDE Digital 2020 diselenggarakan untuk masyarakat pelaku usaha mikro kecil. Kementerian Ketenagakerjaan RI mendorong masyarakat pelaku usaha mikro kecil untuk masuk pada digital. IDE Digital 2020 merupakan bukti nyata dukungan Kementrian Ketenagakerjaan RI kepada kreatifitas dan inovasi kaum muda dalam menyongsong revolusi digital saat ini.

“Melihat besarnya potensi dari revolusi digital di Indonesia, saya harap acara ini dapat menjadi katalisator untuk semakin tumbuhnya digital enterpreneurship khususnya di Mojokerto dan Provinsi Jawa Timur. Saya berharap ada banyak kaum muda dari Mojokerto yang akan menjadi digital entreprerneurship dan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” jelasnya. [tin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar