Politik Pemerintahan

Menkopolhukam Mahfud MD Ziarah Makam Leluhur dan Sarapan ‘Campor’ Pamekasan

Menkopolhukam RI, Mahfud MD, sedang ziarah di makam leluhurnya di Desa Plakpak, Pamekasan, Jumat (1/11/2019) pagi

Surabaya (beritajatim.com) – Menkopolhukam RI, Mahfud MD pada Jumat (1/11/2019) pagi ini pulang kampung ke Desa Plakpak, Pamekasan dan berziarah ke makam leluhurnya.

Di Desa Plakpak, tepatnya Dusun Seccang memang terdapat sebuah kompleks pemakaman yang berisi makam para leluhur dan keluarga dekat Menkopolhukam RI Mahfud MD, antara lain buyut, kakek, nenek, paman, bibi, orang tua, saudara dan para sepupu.

Ketika diwawancarai wartawan, Mahfud MD menjawab dirinya ingin berziarah saja, sebagaimana biasanya. Dalam kegiatan ziarah leluhur tersebut, Mahfud MD diikuti banyak rombongan dan istimewanya pembacaan tahlil serta yasin dipimpin sendiri oleh Mahfud MD.

Tampak ikut mendampingi Mahfud MD berziarah adalah istri Zaizatun Nihayati, Warek I Unitomo Surabaya Siti Marwiyah (adik kandung Mahfud MD) dan Bakal Calon Walikota Surabaya Firman Syah Ali (keponakan Mahfud MD).

Firman Syah Ali yang akrab disebut Cak Firman mengatakan, bahwa Mahfud MD memang sering berziarah ke Pamekasan. “Sesingkat apapun waktunya, selalu disempatkan beliau untuk berziarah,” tuturnya.

Sementara itu warga desa tampak berdiri di tepi jalan melambai ke arah iring-iringan, anak-anak sekolah juga berdiri di depan sekolahnya melambai ke arah rombongan.

Orang tua Mahfud MD memang orang Plakpak. Desa Plakpak adalah salah satu desa basis Sarekat Islam atau Masyumi di Pamekasan dan hanya orang tua Mahfud MD dan beberapa orang lagi yang ikut Partai NU.

Usai ziarah makam leluhur, Mahfud MD mampir di rumah ibundanya di Jalan Dirgahayu Pamekasan, untuk sungkem dan sarapan masakan khas Pamekasan yaitu Campor. Campor adalah sejenis soto dan merupakan masakan khas Pamekasan. “Di daerah lain tidak ada. Setiap kali pulang ke Pamekasan, Pak Mahfud MD selalu meminta menu tersebut,” imbuhnya.

Mahfud MD saat sarapan ditemani oleh Bakal Calon Walikota Surabaya Firman Syah Ali dan Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo. Usai sarapan, Mahfud MD sempat menemui para wartawan dan meminta doa agar dapat menjalankan tugas dengan baik. “Saya kan perwakilan Madura di panggung nasional, jadi mohon doanya ya,” tutur Mahfud singkat. [tok/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar