Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Menko PMK Sebut Kebutuhan Pengungsi di Pronojiwo Lumajang Mencukupi

Makan-makan

Lumajang (beritajatim com) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut suplai bantuan pengungsi di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, sudah mencukupi. Hal ini disampaikan Muhadjir saat meninjau posko bantuan di SMA Negeri 1 Pronojiwo, Senin (6/12/2021) siang.

Muhadjir menegaskan, bantuan bagi korban pengungsi di Kecamatan Pronojiwo, sudah sangat cukup. Berbeda dengan yang dilaporkan oleh Bupati Malang, HM Sanusi kepadanya malam kemarin. “Bantuan ini kita lihat layak sekali lebih dari cukup, alat tidur selimut lebih lebih, beda dengan yang disampaikan Bupati Malang,” kata Muhadjir.

Muhadjir menjelaskan, bantuan untuk pangan atau konsumsi dinilai lebih dari cukup, dan sangat memadai. Sebab itu, pihaknya tidak khawatir untuk pengungsi yang berada di Kecamatan Pronojiwo. “Tinggal sisi sebelah, Lumajang harus diperhatikan. Untuk disini (Pronojiwo) sudah memadai,” tegas mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.

Kata Muhadjir, ada dua kecamatan di Lumajang yang terdampak cukup parah erupsi Gunung Semeru. Yakni, Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro. Untuk Pronojiwo tidak dapat dijangkau dari Lumajang, karena akses jembatan Gladak Perak putus. ” Ini kan ada dua kecamatan yang terdampak langsung yakni Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro. Yang Pronojiwo ini harus diakses dari Malang karena jembatan Perak terputus,” tuturnya. “Saya melihat yang dari Malang ini tidak masalah Korban juga tidak ada, hanya pengungsi saja,” sambungnya.

Baru kemarin Kecamatan Pronojiwo yang bisa diakses dari Kabupaten Malang, mulai di datangi sejumlah pejabat. Seperti Forkopimda Kabupaten Malang, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Wali Kota Malang Sutiaji.

Diluar itu, sehari pasca erupsi Menteri Sosial Tri Rismaharini terlihat datang untuk menyuplai paket bantuan secara langsung serta menginstruksikan pendirian dapur umum. Sejak erupsi pasokan listrik di Kecamatan Pronojiwo putus, begitu juga sambungan komunikasi. Wilayah itu hanya bisa dijangkau dari Ampelgading, Kabupaten Malang. (yog/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar