Politik Pemerintahan

Peringatan HPN 2021

Menko PMK Minta Kepala Daerah di Malang Raya Perhatikan Wartawan

Malang (beritajatim.com) – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy meminta kepada seluruh Kepala Daerah di Malang Raya, memberikan perhatian lebih kepada profesi wartawan.

Hal ini disampaikan pria kelahiran Madiun saat menjadi pembicara dalam Webminar yang diadakan Persatuan Wartawan Indonesia Malang Raya dalam Peringatan Hari Pers Nasional (HPN), Senin (8/2/2021).

“Seingat saya, wartawan ada insentif-insentif. Kalau tidak ada ya mohonlah itu Pak Walikota Malang, Bu Walikota Batu dan Pak Bupati Malang, juga bisa memperhatikan teman-teman wartawan ini. Saya merekomendasikan supaya diberikan bantuan-bantuan. Kalau di Jakarta saya berusaha membantu. Tapi kalau dari Malang diperbantukan dari Jakarta kan kejauhan. Saya cuma mengusulkan supaya ada perhatian,” kata Muhadjir.

Muhadjir tidak menampik bahwa selama ini wartawan juga terimbas pandemi Covid-19. “Saya paham teman-teman wartawan juga mengalami masalah kan di situasi seperti ini,” tegasnya.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini menjelaskan, wartawan merupakan bagian dari garda terdepan penyampai informasi kepada masyarakat. Tidak mungkin informasi akurat, hanya di dapat dari Webinar saja. Tapi harus turun langsung ke lapangan dan beresiko tinggi ditengah pandemi.

“Saya sarankan, untuk Malang ini, ya teman-teman wartawan mungkin diprioritaskan Bu Dewanti, Pak Sutiaji, masukkan saja bagian dari skema, untuk pelayan publik kan, jadi sama PNS, TNI-Polri. Kenapa? Karena wartawan ini kan juga pelayan publik. Karena kalau wartawan tidak turun lapangan, beritanya tidak berasal dari wartawan, ditanya cuma katanya katanya. Nanti berita tidak valid. Karena itu saya sarankan, Malang Raya mempelopori wartawan mendapatkan prioritas untuk di vaksin duluan agar beritanya akurat termasuk dalam meliput Covid-19,” Muhadjir mengakhiri. (yog/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar