Politik Pemerintahan

Menjelang Akhir Tahun, Pemkab Ponorogo Optimis Serapan Anggaran Diatas 95 Persen

Ponorogo (beritajatim.com) – Pada pertengahan bulan November lalu, serapan anggaran semua organisasi perangkat daerah (OPD) sudah mencapai 70 persen. Kepala Badan pengelolaan pendapatan keuangan dan aset daerah (BPPKAD) Ponorogo Bambang Tri Wahono optimis jika dipenghujung tahun nanti serapannya bisa mencapai 95 persen untuk semua. Untuk itu pihaknya terus melakukan komunikasi dengan seluruh OPD, memastikan serapan anggarannya maksimal.

”Supaya bisa maksimal, kami himbau semua OPD untuk administrasinya diselesaikan sebelum batas waktu, akhir Desember,” kata Bambang, Jumat (29/11/2019).

Namun ada sejumlah OPD yang mendapat jatah anggaran yang lebih besar, tidak bisa menyerap anggaran dalam waktu singkat. Dia mencontohkan DPUPR yang serapannya pada pertengahan bulan ini masih sekitar 40 persen. Selain disebabkan masih ada pekerjaan yang berjalan. Kebanyakan, anggaran yang bersumber dari Dana alokasi umum (DAU) atau dana alokasi khusus (DAK) perlu tahapan yang harus dilalui.

”Jadi ada tahapan yang harus dilalui, sebab tidak bisa seketika karena melihat sumber anggarannya,” katanya.

Meski masih rendah, Bambang menyebut umumnya serapan akan melonjak signifikan ketika memasuki November akhir sampai Desember awal. Karena pekerjaan sudah selesai, dan satu per satu mulai dicairkan secara bertahap.

”Jika tahun lalu realisasi serapannya mencapai 96 persen. Kami yakin tahun ini bisa naik menjadi 97 atau 98 persen,” pungkasnya.(end/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Kiat Menulis Artikel Kesehatan Populer

Resep Nasi Aladin Khas Timur Tengah

Resep Sup Kikil, Gurih dan Empuk