Politik Pemerintahan

Mendikbud: Sudah Saatnya Indonesia Jadi Negara Maju

Malang (beritajatim.com) – Mendikbud RI, Muhadjir Effendy mengatakan Indonesia sudah saatnya menjadi negara maju. Sebab, Indonesia memiliki kekayaan alam hingga budaya yang beraneka ragam.

“Warisan termahal dari Republik Indonesia adalah persaudaraan, persatuan, kesatuan. Jadi harus menghindari potensi perpecahan. Menjaga warisan tersebut merupakan kuncinya,” kata Muhadjir dalam orasi Kebangsaan Pra-Tanwir Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis (7/2/2019).

“Negara yang besar merupakan prasyarat menjadi negara yang maju. Untuk menjadi negara yang maju salah satunya harus didukung dengan infrastruktur,” imbuh Rektor UMM periode 2000–2016 ini.

Menurutnya, pembangunan tanpa infrastruktur bagai salat tanpa wudu. Tidak ada negara maju tanpa infrastruktur. Dan Indonesia baru memiliki 40 persen prasyarat infrastruktur untuk menjadi negara maju.

“Jadi tugas kita saat ini adalah memanfaatkan segala potensi yang tersedia untuk menjadi negara berkemajuan. Tidak hanya infrastruktur yang menjadi prasyarat negara maju. Melainkan juga manusia yang terampil dan bermoral,” papar Muhadjir.

Menurutnya, penanaman pendidikan etika sangat penting sebelum pendidikan formal. Ia mengaku selama menjabat sebagai Mendikbud menekankan pentingnya pendidikan karakter.

“Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi yang bertanggungjawab untuk mengawal pembentukan karakter masyarakat Indonesia. Dapat kita lihat dari tapak tilas tokoh-tokoh Muhammadiyah, bagaimana membangun negara dengan watak dasar Muhammadiyah,” tandas Muhadjir. [luc/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar