Politik Pemerintahan

Mendekati Coblosan, KPU Gelar Simulasi dan Deklarasi Anti Golput

Tuban (beritajatim.com) – Dengan semakin dekatnya waktu coblosan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang, Komisi Pemulihan Umum (KPU) Tuban menggelar sosialisasi dan simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten.

Kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara menjelang pelaksanaan Pilpres dan Pileg tersebut berlangsung di Gedung Olahraga (Gor) Kabupaten Tuban. Selain simulasi, kegiatan tersebut juga dilaksanakan deklarasi Anti Golput dan Pemilu Damai dari komunitas sepeda angin yang ada Tuban Bumi Wali, Minggu (14/4/2019).

Pelaksanaan simulasi menjelang pemilihan itu bekerjasama dengan Relawan Ronggolawe Tuban dan diikuti sekitar 150 orang dari berbagai kalangan. Kegiatan itu dengan tujuan untuk merepresentasikan kejadian pemungutan suara seperti di TPS.

“Kegiatan ini ada deklarasi, dan simulasi ini untuk memberikan pemahaman dalam melakukan pemungutan suara di TPS dan juga penghitungan suara,” ujar Salamun, selaku Divisi Teknis Penyelenggaran KPU Kabupaten Tuban.

Salamun menjelaskan, alur dalam proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS yang disimulasikan berdasarkan aturan atau tahapan yang berlaku. Yakni mulai dari pengucapan sumpah atau janji anggota KPPS, dan pemilih masuk melalui pintu yang telah di sediakan panitia.

“Setelah itu pemilih menyerahkan KTP dan C6 kepada KPPS, kemudian pemilih menunggu hingga panitia memanggil nama untuk menggunakan hak pilihnya. Usai dipanggil, pemilih langsung mengambil surat suara, lalu melakukan pencoblosan di bilik suara,” papar Salamun.

Simulasi tersebut memperagakan semua tahapan dalam proses pemungutan suara hingga usai. Termasuk pemilih melipat surat suara sesuai petunjuk, kemudian masukkan ke kota suara yang tersedia dan meninggalkan lokasi TPS dengan jalur yang semestinya.

“Setelah semua selesai, petugas KPPS langsung melalukan penghitungan suara Pemilu sesuai aturan yang berlaku. Dengan kegiatan sosialisasi dan simulasi ini, kita mengingatkan kepada masyarakat supaya tanggal 17 April 2019 untuk datang ke TPS menggunakan hak suaranya,” pungkasnya.

Sementara itu, setelah pelaksanaan simulasi usai kemudian dilanjutkan dengan deklarasi Anti Golput dan Pemilu Damai. Yang mana deklarasi itu disampaikan oleh Relawan Ronggolawe bersama puluhan orang pecinta sepeda yang ada di Kabupaten Tuban.[mut/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar