Politik Pemerintahan

Mendagri Bakal Evaluasi Pelaksanaan Pemilu 2019

Banyuwangi (beritajatim.com) – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebutkan akan melakukan evaluasi pelaksanaan pemilu 2019. Selain menanggapi adanya beberapa petugas pemilu yang meninggal, mekanisme pemilihan juga menjadi titik ukur evaluasi ini.

“Nanti usai pemilu pasti ada evaluasi dengan anggota DPR yang baru. Nanti, KPU akan evaluasi bersama pemerintah, Kemendagri, Sekeu Kemendagri, Setneg, Kepala Staf evaluasi juga.

“Yang penting, bagaiamana pemilu itu dapat berjalan demokratis hak masyarakat dapat terjamin dengan baik, jurdil dan luber,” terangnya.

Selain itu, kata Tjahjo, proses kampanye yang menguras waktu juga menjadi catatan. Termasuk penggunaan kertas suara yang banyak dan rumit. Hal ini menjawab kemungkinan pemilu ke depan akan diubah ke perlengkapan digital.

“Kita nanti akan duduk bersama, mengevaluasi undang-undangnya, sistemnya, mengevaluasi KPU nya, evaluasi PKPU nya yang mana yang harus dipersiapkan. Paling tidak sebisa mungkin awal tahun depan untuk persiapan 2024 mendatang,” jelasnya.

Akan tetapi, kata Tjahjo, ada mekanisme yang tetap harus berjalan secara konstitusional. Karena, sejauh ini ada hal yang seyogyanya tidak harus diubah atau dievaluasi.

“Kalau di internal sudah kita lakukan evaluasi. Yang penting mekanisme yang sudah berjalan dengan baik secara konstitusional tetap dijalankan,” pungkasnya. [rin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar