Politik Pemerintahan

Menangkan Jokowi-Ma’ruf, Khofifah Diminta Terjun ke Madura

Surabaya (beritajatim.com) – Peneliti Bidang Politik Habibie Center Bawono Kumoro berharap kepada Gubernur Jatim terpilih sekaligus Dewan Pengarah JKSN, Khofifah Indar Parawansa ikut membantu pemenangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin di Madura.

“Dalam kurun waktu seminggu ini, KH Ma’ruf Amin melakukan kunjungan safari politik di Jawa Timur dan Banten. Di Jawa Timur, ia menargetkan pasangan 01 menang 70 persen. Itu bukan hal mustahil, mengingat dua partai politik terbesar di Jawa Timur merupakan basis utama pendukung pasangan ini, yaitu PKB dan PDI Perjuangan,” katanya melalui rilis yang diterima beritajatim.com, Sabtu (26/1/2019).

Belum lagi, menurut dia, pemilih muslim di Jawa Timur sebagian besar memiliki latar belakang Nahdlatul Ulama, basis kultural Ma’ruf Amin.

Selain itu,¬† modal politik dan modal sosial tersebut tidak dimiliki oleh pasangan calon 02 Prabowo-Sandi. “Akan tetapi catatan khusus di Jatim adalah Madura. Di tahun 2014 lalu Jokowi kalah telak di Madura dari Prabowo. Keadaan ini harus bisa dibalikkan di pilpres mendatang untuk mengamankan kemenangan di Jatim¬†secara mutlak,” tegasnya.

“Peran Khofifah Indar Parawansa selaku gubernur terpilih sekaligus salah satu orang dekat Jokowi harus terlihat di Madura,” imbuhnya.

Target kemenangan juga menjadi motivasi kunjungan KH Ma’ruf Amin ke Banten. Pengakuan KH Ma’ruf Amin bahwa ia merupakan putra daerah Banten merupakan bagian untuk menguatkan suara pasangan calon 01 di sana.

Selama ini, lanjut dia, Banten ditenggarai merupakan basis politik Prabowo di tanah Jawa bersama juga provinsi Jawa Barat.

“Kekalahan Joko Widodo dari Prabowo di dua provinsi tersebut di tahun 2014 ingin dibalikkan di pemilu kali ini. Realitas Banten sebagai provinsi bukan basis kultural Nahdlatul Ulama menjadi tantangan bagi pencapaian target tersebut. Tidak mudah, tapi peluang itu terbuka selama partai-partai pendukung di lapangan sungguh-sungguh menjalankan mesin politik mereka masing-masing,” pungkasnya. (tok/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar