Politik Pemerintahan

Melalui Paripurna Gus Yani Di-PAW dari Ketua DPRD Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Rapat paripurna usulan pemberhentian dan pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW) Ketua DPRD Gresik sudah berlangsung. Dalam rapat tersebut, ketua dewan sebelumnya H.Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) di-PAW dari jabatannya.

Keputusan pencopotan pimpinan DPRD tersebut merupakan hak dari DPC PKB sebagai partai pengusungnya di Pileg 2019. Selain itu, pergantian tersebut juga tertuang dalam Surat Keputusan DPP PKB nomor 3013/DPP/01/VII/2020 tentang Penetapan Perubahan Unsur Pimpinan DPRD Gresik.

Rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Gresik Ahmad Nur Hamim. Pasalnya, dalam kesempatan tersebut, Gus Yani tidak terlihat karena berhalangan hadir.

“Usai rapat paripurna DPRD Gresik punya waktu 7 hari untuk berkirim surat ke Bupati Gresik, kemudian bupati melanjutkan ke Gubernur,” ujar Ahmad Nurhamim, Senin (24/08/2020).

Politisi Golkar itu menambahkan, sesuai dengan pasal 49 Peraturan DPRD Gresik nomor 1 tahun 2019 tentang Tata Tertib Anggota Dewan. Masih ada waktu 7 hari guna menyampaikan terkait dengan PAW ini.

“Nantinya kami bagi-bagi tugas menggantikan ketua dewan. Sesuai dengan tupoksi masing-masing. Kita kolektif kolegial sampai menunggu dilantiknya Ketua Pengganti yang baru,” jelasnya. Yakni, Abdul Qodir yang saat ini menjabat sebagai Ketua Fraksi PKB DPRD Gresik. Setidaknya, proses pergantian hingga pelantikan tersebut akan memakan waktu satu bulan,” imbuhnya.

Menanggapi hal ini Abdul Qodir sendiri pun mengaku siap mengemban amanah sebagai pucuk pimpinan nanti. “Tugas utama tentu melanjutkan progam dari ketua lama. Khususnya yang bersinggungan langsung dengan kepentingan masyarakat,” katanya.

Secara terpisah, Gus Yani saat dikonfirmasi pun mengaku memahami atas keputusan partai tersebut. Sebab, terkait mekanisme struktur pimpinan itu merupakan kewenangan partai, jadi tidak ada rasa kecewa dan menghormati penuh.

“Sebelumnya saya memang berniat untuk mundur dari kursi legislatif. Sesuai syarat dari KPU untuk pencalonan peserta Pilkada nanti. Segala persyaratan lain juga segera saya proses sebelum masa pendaftaran,” pungkasnya. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar