Politik Pemerintahan

Melalui Musrenbang, Menuju Sampang Hebat Bermartabat

Sampang (beritajatim.com) – Dengan dihadiri oleh BPWS, BBWS Sungai Brantas, perwakilan Bupati Pamekasan, Bangkalan dan Sumenep, Kepala Satpol PP Jatim, Bappeda Jatim, Kepala Bakorwil 4 Madura, jajaran Forkopimda, seluruh Camat se-Kabupaten Sampang, Tokoh Masyarakat (Tomas) dan Tokoh Agama (Toga). Pemkab Sampang mengelar acara Musrenbang, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Ta 2020 yang berlangsung di Pendopo Trunojoyo, Senin (25/3/2019).

Perwakilan Bapedda Jatim yakni Kepala Satpol PP Jatim Budi Santosa menyampaikan, Musrenbang RKPD ini merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah daerah untuk melakukan penajaman kembali dari rangkaian-rangkaian yang telah disusun dari bawah. “Ini merupakan sebuah bentuk sinergitas dari pemerintah Desa, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi untuk bisa bersama-sama membangun sebuah daerah menjadi lebih maju,” ujarnya dihadapan para undangan.

Hal senada disampaikan Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, bahwa Musrenbang RKPD merupakan kelanjutan dari Musrenbangcam dengan salah satu bentuk program buttom up dari Pemkab Sampang tahun ini yang secara langsung turun ke bawah untuk bisa memberikan suatu bentuk pelayanan dan langkah sinergi dengan semua stakeholder.

“Buttom up itu sendiri merupakan semua usulan-usulan dari tingkat Desa, Kecamatan yang akan disampaikan di tingkat Kabupaten dengan tidak adanya intervensi kepada Desa dan Kecamatan,” tuturnya.

Bupati Sampang menjelaskan, perencanaan pembangunan harus digagas secara terintegrasi dan berorientasi pada kepentingan rakyat, dimana prioritas suatu pembangunan adalah menuju pada kesejahteraan rakyat. Lepada semua elemen untuk bisa berkonsentrasi dalam bekerja dan menghilangkan seluruh bentuk intervensi.

Masih kata Slamet Junaidi, pertumbuhan ekonomi daerah sudah mulai membaik dan mengajak kepada seluruh elemen dalam pemerintahan tidak boleh setegah hati dalam bekerja.

“Dari semua usulan anggaran pembangunan Kabupaten Sampang sendiri pada tahun 2020 akan melaksanakan 130 program juga 501 kegiatan dan berharap seluruh lapisan masyarakat agar tercapainya program dan pembangunan menuju Sampang Hebat Bermartabat. [sar/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar