Politik Pemerintahan

Megawati: Perempuan Jangan Hanya Konco Wingking

Jakarta (beritajatim.com) – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, meminta agar perempuan Indonesia percaya diri dan yakin bahwa usaha keras akan menghasilkan prestasi besar. Jangan merasa perempuan itu ditakdirkan untuk tak bisa berprestasi.
Hal tersebut disampaikan Megawati dalam pidatonya di perayaan HUT ke-47 sekaligus Rakernas I 2020 PDI Perjuangan (PDIP) di Kompleks JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Presiden RI Kelima itu bercerita dirinya baru kembali dari Tokyo setelah menerima gelar doktor kehormatan bidang kemanusiaan. Baginya, salah satu pesan utama dari pemberian gelar itu adalah bahwa perempuan Indonesia bisa berprestasi.

“Jadi anak-anakku, saya tegaskan sebagai perempuan jangan merasa terpinggirkan, jangan merasa perempuan itu konco wingking, selalu berada di belakang. Tidak. Pada kenyataannya saya bisa membuktikan jadi nomor satu. Presiden perempuan jadi nomor satu. Wakil Presiden perempuan nomor satu,” ujar Megawati disambut tepuk tangan ribuan kader PDIP yang hadir.

Konco Wingking adalah ungkapan dalam bahasa Jawa yang bermakna bahwa kodrat perempuan adalah berada di belakang. Tugasnya hanya sekedar menjadi ibu yang melahirkan anak, serta tugasnya hanya memasak makanan, tanpa hak untuk bicara serta berperan.

“Termasuk ketua umum partai politik nomor satu, yang pada hari ini, saya mengucapkan terima kasih kepada kalian semua yang tetap mempercayai saya menjadi ketua umum,” kata Megawati yang disambut gemuruh tepuk tangan teriakan ‘merdeka’. [hen/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar