Politik Pemerintahan

Massa Pendukung Caleg Demo Kantor Bawaslu Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Puluhan massa pendukung dua caleg berbeda melakukan audiensi hingga unjuk rasa ke Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pamekasan, di Jl Segara, Kelurahan Juncancang, Pamekasan, Kamis (2/5/2019).

Salah satunya massa pendukung dari caleg Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Pamekasan, yang melakukan audiensi lanjutan ke Kantor Bawaslu setempat, guna menuntut Pemungutan Suara Ulang (PSU) di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kecamatan Kadur.

Sebab mereka menilai terdapat sejumlah pelanggaran di sejumlah TPS Kadur, yang justru lepas dari pengawasan jajaran tim pengawas di bawah naungan Bawaslu Pamekasan. “Dalam kesempatan ini, kami meminta Bawaslu untuk merekomendasikan PSU di sejumlah TPS yang melanggar aturan,” kata salah satu koordinator massa, Abdul Hadi.

“Apakah dibenarkan seorang yang tidak ada di tempat justru tercatat di daftar pemilih, ini jelas pelanggaran dan sangat fatal,” sambung pria yang juga tercatat sebagai pengurus parpol berlogo Ka’bah.

Tidak hanya itu, ia juga menjabarkan adanya pelanggaran lain seperti orang yang berhalangan mencoblos justru mencatat di hasil rekap pemilih. “Contoh lainnya ada orang sakit yang jelas-jelas tidak memilih, justru di TPS sudah tercatat sebagai pemilih,” jelasnya.

Sementara Komisioner Bawaslu Pamekasan, Suryadi menyampaikan terima kasih terhadap masukan dari massa pendukung caleg yang menyampaikan adanya pelanggaran pemilu. “Terima kasih, kami usahakan untuk segera koordinasikan bersama jajaran terkait,” ungkapnya.

Sementara pada aksi unjuk rasa sebelumnya, massa juga juga menuntut rekapitulasi ulang di tingkat kecamatan khususnya di kecamatan Pademawu. Mereka menilai terdapat sejumlah kejanggalan adanya suara ‘tak bertuan’ yang justru tercover dalam hasil rekapitulasi tingkat PPK.

Hanya saja saat ini, proses rekapitulasi suara hasil Pemilu 2019 sudah dilakukan di tingkat kabupaten. Dimana KPU Pamekasan sebagai penyelenggara pemilu sudah memulai proses rekapitulasi di Gedung Baperwil IV Madura, sejak Rabu (1/5/2019) kemarin.

Bahkan sebelumnya, Bawaslu Pamekasan juga memastikan pelaksanaan pemilu 2019 di Pamekasan dipastikan tidak ada PSU menyusul tidak adanya temuan ataupun laporan pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu serentak. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar