Politik Pemerintahan

Massa Anti Korupsi Jatim Minta Ketua KPK Agus Rahardjo Mundur

Surabaya (beritajatim.com) – Ratusan aktivis mengatasnamakan Komunitas Masyarakat Jawa Timur Anti Korupsi melakukan unjuk rasa di sekitar Monumen Bambu Runcing, Jalan Panglima Sudirman Surabaya, Senin (23/9/2019).

Dalam aksinya, mereka membawa beberapa poster di antaranya menuntut Ketua KPK, Agus Rahardjo segera mundur dari jabatannya. Mereka juga mendesak lima pimpinan yang baru di bawah Firli Bahuri segera dilantik.

Beberapa spanduk itu di antaranya berbunyi ‘Segera Lantik Pimpinan KPK yang Baru’, ‘Agus Rahardjo Gagal Pimpin KPK’, ‘KPK adalah Lembaga Negara Bukan LSM’, ‘Bersihkan KPK dari Kelompok Taliban’ dan ‘Agus Rahardjo Segera Mundur’.

Koorlap Aksi Komunitas Masyarakat Jawa Timur Anti Korupsi, Alan menegaskan, tuntutan agar Agus Rahardjo Ketua KPK mundur dari jabatannya itu bentuk ketidakpuasan mereka terhadap kinerja KPK selama ini.

“Kami merasa kinerja KPK selama ini belum maksimal. Banyak kasus korupsi besar yang tidak terungkap. Hanya kasus kecil-kecil yang diurusi KPK,” tegasnya.

Alasan mereka meminta Agus Rahardjo mundur, kata Alan, karena keputusan para pimpinan KPK menyerahkan mandat KPK kepada presiden itu tidak sesuai Undang-undang 30/2002 tentang KPK yang sudah direvisi.

“Kita tahu juga, internal KPK sekarang juga terpecah. Ini artinya Agus Rahardjo sudah tidak mampu memimpin KPK,” imbuhnya.

Soal keputusan presiden menyetujui Revisi UU KPK yang merupakan inisiatif DPR RI, Alan bilang itu langkah yang baik dari pemerintah. Dengan revisi UU KPK itu, mereka berharap bisa membuat KPK bekerja lebih baik lagi di masa mendatang.

Untuk itu, kami mengajak masyarakat Indonesia di Jawa Timur untuk peduli dan menjaga KPK dari kelompok taliban yang masih bercokol di dalamnya, sebagai upaya penyelamatan bangsa dengan cara menyuarakan perubahan KPK melalui tuntutan-tuntutan sebagai berikut:

1. Mendukung UU KPK Yang Baru Disahkan.
2. Mendukung Pejabat KPK terpilih.
3. Apresiasi DPR Yang Telah Mengesahkan RUU KPK.
4. Menuntut Agus Raharjo mundur dari jabatannya karena telah gagal dalam memimpin KPK.
5. Segera Lantik Pimpinan KPK Yang Baru.
6. KPK adalah Lembaga Negara bukan LSM.
7. Wadah Pegawai KPK bukan Partai Politik.
8. Bersihkan KPK dari Kelompok Taliban.
9. KPK Jangan Berpolitik. [tok/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar