Politik Pemerintahan

Masjid Universitas Jember Jadi Pusat Dakwah Islam Moderat

Masjid Al Hikmah di kampus Universitas Jember

Jember (beritajatim.com) – Masjid Al Hikmah di kampus Universitas Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur, selesai direnovasi. Rektor Iwan Taruna berharap masjid ini menggelar kajian rutin keislaman untuk meningkatkan ibadah dan memperdalam ajaran Islam.

“Saya berharap masjid ini benar-benar menjadi pusat syiar Islam yang ramah, moderat dan tentunya rahmatan lil alamin,” kata Iwan, sebagaimana dilansir Humas dan Protokoler Unej, Jumat (16/4/2021).

Saat ini harapan itu sudah diawali dengan pengajian setiap Jumat pagi. “Ini merupakan kegiatan rutin selama bulan puasa, tujuannya meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kita, sekaligus sarana memperdalam ajaran Islam untuk menggapai kebaikan di dunia dan akhirat,” kata Iwan.

Renovasi membuat Masjid Al Hikmah bisa menampung 1.800 orang jamaah. Ini pertama kalinya masjid direnovasi total sejak berdiri pada dekade 1980-an. Luasnya mencapai 363 ribu meter persegi dan terdiri atas dua lantai.

“Jika kondisi sudah kondusif, kami berencana memberikan materi pendidikan karakter kepada mahasiswa baru secara bergiliran. Masjid Al Hikmah juga menjadi pusat pembinaan bagi mahasiswa yang hafal Al Qur’an, bahkan mereka mendapatkan bantuan dan dukungan dari bank BRI,” kata Ketua Takmir Masjid Al Hikmah Abdul Majid.

KH Musshodiq Fikri, pengasuh Pondok Pesantren Riyadhus Sholihin, bersyukur renovasi Masjid Al Hikmah bisa terwujud. “Kini tinggal bagaimana kita memakmurkan masjid ini dengan cara mengisinya dengan berbagai kegiatan,” katanya. [wir/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar