Politik Pemerintahan

Masih Pertimbangkan Banyak Hal, KPU Sumenep Belum Lakukan Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati

Sumenep (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep hingga Rabu siang, belum melakukan penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati setempat. Padahal Rabu siang, KPU menggelar rapat koordinasi persiapan laporan awal dana kampanye dan penetapab pasangan calon bupati/ wakil bupati. Namun hingga rapat tersebut ditutup, KPU belum mengumumkan penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati.

“Untuk penetapan pasangan calon yang pasti hari ini. Dan itu dilakukan melalui rapat pleno tertutup. Detik ini memang belum ada penetapan. Tapi bisa saja detik berikutnya sudah kami tetapkan. Nanti kita bicarakan karena masih mempertimbangkan berbagai hal,” kata Ketua KPU Sumenep, A. Warits, Rabu (23/09/2020).

Ia berdalih bahwa penetapan pasangan calon tersebut hanya persoalan administrasi berupa penerbitan keputusan KPU. Menurutnya, KPU sejak beberapa waktu sebelumnya telah memberikan kesempatan kepada publik untuk memberikan tanggapan terhadap syarat calon yang telah di ‘up load’ di laman KPU. Namun ditunggu hingga jam 00.00 tadi malam, tidak ada tanggapan.

“Dengan demikian dokumen syarat calon yang telah diperbaiki itu dinyatakan memenuhi syarat. Jadi tinggal penetapan saja. Yang jelas hari ini penetapannya,” ujar Warits.

Ia mengatakan, setelah dilakukan penetapan pasangan calon melalui rapat pleno tertutup, maka akan diumumkan secara terbuka melalui website KPU Sumenep dan papan pengumuman. “Pasangan calon juga pasti kami beritahu. Meski memberitahukannya nanti malam ya tidak apa-apa. Yang penting sudah ditetapkan dulu,” tandasnya.

Pilkada Sumenep 2020 diiikuti dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati, yakni Ach. Fauzi-Hj. Dewi Khalifah dan Fattah Jasin-Ali Fikri. (tem/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar