Politik Pemerintahan

Masih Banyak OPD Pemkab Gresik Belum Linier dengan Kementrian

Ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Abimanyu Pontjoatmojo Iswinarno

Gresik (beritajatim.com) – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Gresik belum banyak yang linier dengan kementrian pusat. Salah satunya, urusan pembangunan dan keuangan daerah. Kedepan institusi ini, harus terintegrasi dengan pemerintah pusat. Untuk mendukung itu, perlu adanya penyesuaian nomenklatur organisasi perangkat daerah (OPD) agar linier.

Selain OPD diatas, OPD seperti Dinas Pendidikan yang juga belum linier dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal yang sama pada OPD Dinas Pariwisata dan Kebudayaan jug belum linier dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Badan Pendapatan, Pengelolaan keuangan dan Aset Daerah yang masih menjadi satu bagian.

Menanggapi hal ini, Ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Abimanyu Pontjoatmojo Iswinarno menuturkan, saat ini melalui Permenpan RB nomor 25 tahun 2021, diamanatkan untuk penyederhanaan birokrasi. Termasuk agar OPD linier dengan Kementrian pusat.

“Pemkab Gresik sudah menyusun formatnya. Seperti halnya Dinas Pendidikan, Badan Pendapatan dipisah dengan pengelolaan keuangan dan aset daerah, hingga ekonomi kreatif yang barada di Dinas Koperindag berbidah ke Dinas Pariwisata,” tuturnya, Minggu (20/06/2021).

Masih menurut Abimanyu, secara garis besar formatnya sudah ada, tinggal menunggu pelaksanaannya disesuaikan dengan Permenpan nomor 25 tahun 2021. “Dasar dari regulasi itu, intinya mengarah ke penyederhanaan birokrasi,” pungkasnya. [dny/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar