Politik Pemerintahan

Masa Tenang, Website Pemkab Malang Kena Retas

Malang (beritajatim.com) – Sejumlah website dengan domain Malangkab.go.id diretas pada Minggu (6/12/2020). Website yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Malang itu diretas pada masa tenang Pilkada Malang 2020.

Informasi peristiwa peretasan itu berawal dari pesan singkat yang beredar di WhatsApp. “13 Website pemkab malang berhasil dijebol,” tulis nomor ponsel +1 dalam pesannya.

Pemilik nomor juga menjelaskan jika motivasi peretasan website Pemkab Malang tersebut didasari rasa kecewa. “Bentuk apresiasi rakyat atas ketidakpercayaan kepada elite partai politik yang korup dan tidak memperdulikan rakyat⁣,” tulisnya.

Bahkan, pemilik nomor juga menyerukan ajakan yang mengarah pada gerakan politik. “Sebarkan dan viralkan, kebusukan para calon pemimpin yang akan mengikuti pilkada⁣,” terang pemilik nomor dengan gambar profil seekor kucing hitam.

Seruan bernada gerakan politik itu semakin kontras karena pemilik nomor mengajak memilih pemimpin yang amanah. “Ayo pilih pemimpin yang amanah, jujur, muda dan nersih. Pilih demi kemajuan Bangsa dan Negara kita. MERDEKAA!!!,” tutupnya.

Pada pesan singkat itu, pemilik nomor menyatakan jika dirinya telah meretas 13 website pemerintah desa di Kabupaten Malang.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang, Aniswaty Aziz membenarkan peristiwa peretasan tersebut. “Website rawan hacker. Hacker craker itu menyerang jaringan,” kata Anis ketika dihubungi.

Anis mengaku peristiwa peretasan merupakan hal lumrah dalam bidang teknologi informasi. “Semua yag memiliki jaringan pasti rawan hacker. Termasuk perbankan. Bukan hanya website OPD (organisisasi perangkat daerah)” jelasnya.

Terkait langkah proteksi, Anis menegaskan pihaknya telah mengetahui apa yang harus dilakukan. “Kami baru punya alat firewall bantuan dari kemenkominfo untuk melindungi data dan informasi dari serangan pihak luar. Baru dipasang dan masih trial error. Baru 1 minggu alatnya dipasang,” tegas Anis.

Wanita berkacamata ini menceritakan akhir-akhir ini dirinya bersama Diskominfo Kabupaten Malang sedang giat-giatnya bekerja. “Yang kita kerjakan banyak. Sabar nggih,” pungkasnya. (yog/kun)

Berikut domain milik Pemkab Malang yang sempat jadi serangan hacker :

http://desa-bendosari.malangkab.go.id/⁣
http://desawirotaman.malangkab.go.id/⁣
http://desagedangan.malangkab.go.id/ ⁣
http://desakedungbanteng.malangkab.go.id/ ⁣
http://desalebakharjo.malangkab.go.id/i ⁣
http://desa-ngadas.malangkab.go.id/ ⁣
http://desangroto.malangkab.go.id/⁣
http://desapagersari.malangkab.go.id/⁣
http://desa-pandansari.malangkab.go.id/⁣
http://desa-pondokagung.malangkab.go.id/⁣
http://desa-pujiharjo.malangkab.go.id/⁣
http://desasidoasri.malangkab.go.id/⁣
http://desa-sitiarjo.malangkab.go.id/⁣



Apa Reaksi Anda?

Komentar