Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Masa Pandemi, Wanita LDII Jatim: Banyak Istri Gugat Cerai Karena Suami di-PHK

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua DPW LDII Jatim, Amrodji berharap kepada pengurus Wanita LDII Jatim yang telah dilantik agar berkolaborasi dengan PW Muslimat NU, Aisiyah dan ormas Islam lainnya.

“Selain itu, juga bersinergi dengan program kerja dari Pemprov Jatim. Jadi, irisan programnya dimana agar lebih dipertajam,” katanya usai Seminar Wanita bertemakan ‘Mewujudkan Ketahanan Rumah Tangga Menuju Indonesia Tangguh’ di Aula Ponpes Sabilurrosyidin Annur Surabaya, Sabtu (18/12/2021).

Asisten III Sekdaprov Jatim, Syaikhul Ghulam mewakili Gubernur Jatim mengatakan, pemerintah pusat menekankan perlunya pemberdayaan perempuan dengan peningkatan perekonomian perspektif gender, penurunan pekerja anak, penurunan kekerasan perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia dan akhiri kesenjangan sosial terhadap perempuan di bidang politik.

Ketua Wanita LDII Jatim, Emie Santoso menjelaskan, menjaga ketahanan rumah tangga di masa pandemi merupakan tugas berat setiap keluarga, terutama bagi seorang perempuan ataupun istri.

“Di masa pandemi, banyak sekali yang menyebabkan ketahanan rumah tangga itu terganggu. Salah satunya perceraian yang timbul gara-gara suaminya kena PHK yang membuat ketahanan ekonomi di dalam rumah tangganya hancur. Istri tidak tahan, akhirnya menggungat cerai suaminya,” ujarnya.

Melihat permasalahan itu, lanjut Emie, LDII membekali kaum perempuan dalam mengelola ketahanan rumah tangga. “Seorang istri harus bisa mengendalikan emosi dan menempatkan diri. Selain itu, seorang istri berperan sebagai ibu yang tangguh, sehingga tercipta ketahanan keluarga yang baik,” kata Emie.

Menurut Emie, dengan terciptanya ketahanan keluarga yang harmonis akan lahir generasi yang unggul dan bangsa Indonesia siap menghadapi bonus demografi menuju Indonesia Emas 2045.

Acara tersebut dilanjutkan diskusi panel dengan mengundang narasumber Ketua Aisyiyah Jatim Siti Dalilah Candrawati, Wakil Ketua PW Muslimat NU Jatim Udji Asiyah melalui daring serta Ketua DPP LDII Koordinator Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga Siti Nurannisaa Paramabekti. (tok/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar