Politik Pemerintahan

Mas Abu Uji Peserta Pelatihan dan Sertifikasi Pemandu Wisata di Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Letak Kota Kediri sebagai daerah penghubung berpeluang besar untuk mendukung pariwisata. Khusunya dalam beberapa bidang usaha, seperti, jasa pariwisata dan akomodasi, penginapan, kuliner dan pusat oleh-oleh. Tentu Kota Kediri harus memiliki pramuwisata yang berkompeten.

Untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas pramuwisata di wilayah Kota Kediri, Pemerintah Kota Kediri menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Pemandu Wisata atau Tour Guide secara gratis. Pelatihan diikuti oleh 50 peserta dari biro perjalanan Kota Kediri dan Kabupaten Kediri.

Para peserta diberikan materi di dalam kelas dan akan melakukan praktek lapangan dengan pemateri pelatihan dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Gunadharma Semarang, pada tanggal 11 dan 12 Juni di Gor Jayabaya Kota Kediri.

Pada pelatihan hari kedua, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar berkesempatan memberikan pertanyaan untuk ujian akhir kepada para peserta melalui tayangan video. Pertanyaan yang diberikan seputar rencana pengembangan pariwisata di Kota Kediri.

“Saat ini Kota Kediri sedang mengembangkan berbagai program pariwisata. Tentunya program ini akan berjalan apabila kita memiliki ekspektasi yang sama supaya endingnya nanti pariwisata di Kota Kediri bisa berkembang dengan baik. Sebagai warga Kota Kediri yang peduli terhadap pariwisata apa rencana anda terhadap pengembangan pariwisata di Kota Kediri?” tanya Abdullah Abu Bakar.

Pertanyaan selanjutnya, Wali Kota Kediri juga menanyakan mengenai rencana bisnis pariwisata dengan adanya pembangunan proyek strategis nasional. Seperti rencana pembangunan tol dan juga bandara. “Merespon hal ini, apa yang akan anda rencanakan untuk mengembangkan bisnis pariwisata?” tanyanya.

Sementara itu, Kepala Disbudparpora Kota Kediri Nur Muhyar mengatakan dengan kegiatan pelatihan ini dapat menjadi motivasi dan sebagai sarana untuk meningkatkan kapabilitas para pelaku wisata.

“Kegiatan ini membantu meningkatkan promosi dan pemasaran sektor pendukung pariwisata di Kota Kediri secara luas. Lalu juga menyiapkan diri menghadapi perkembangan yang ada. Baik Proyek Strategis Nasional seperti tol dan bandara dengan meningkatkan kompetensi masing-masing yang terstandarisasi melalui sertifikasi,” ujarnya.

Pada pelatihan ini, para peserta diberi materi meliputi, Dasar-Dasar Kepemanduan, Public Speaking for a Guide, Memimpin Perjalanan Wisata, Psikologi Pelayanan dan Personal Grooming, Pengembangan dan Pemutahiran Pengetahuan bagi Pemandu Wisata, serta Pemahaman Lintas Budaya bagi Pemandu.

Bagi peserta yang lulus akan diberikan sertifikat pemandu wisata oleh LSP Gunadharma secara gratis sebagai bekal pemandu wisata profesional. Selain itu, bagi peserta yang lulus uji akan membantu program-program pemerintah khususnya di bidang pariwisata. [nm/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar