Politik Pemerintahan

Mas Abu Senang Banyak Petani Koi Muda di Kota Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Banyak pemuda yang tetap produktif meskipun di masa pandemi Covid-19. Seperti kelompok petani ikan koi di Kelurahan Gayam, yang banyak melibatkan petani ikan koi muda di lingkungan tersebut.

Salah satu pemuda yang tertarik menjadi petani koi ialah Ahmad Ishari (28). Ia menceritakan awal mula dirinya tertarik menjadi petani ikan koi. Saat bermain ke rumah teman yang terdapat sentra ikan koi. Lalu ia mulai tertarik dan membeli bibit untuk dipelihara di rumah. Dari ketertarikan itulah Ia mulai melakukan budidaya ikan koi.

“Sekitar dua tahun lalu saya mulai tertarik dengan ikan koi. Lalu saya mencoba memelihara dengan memanfaatkan kolam yang ada di rumah saya,” ungkapnya.

Dari budidaya ikan koi, Ahmad Ishari bisa meraup keuntungan 5 juta rupiah dalam sekali panen. Ahmad Ishari memanfaatkan sosial media untuk memperomosikan ikan koinya.

Di awal pandemi lalu penjualan ikan koi Ahmad Ishari mengalami peningkatan, namun untuk saat ini terjadi sedikit penurunan karena mulai banyak orang yang melakukan budidaya ikan koi. Meski begitu, menurut Ahmad Ishari saat ini budidaya ikan koinya masih bisa berjalan.

“Saya jualannya melalui Instagram, Facebook dan WhatsApp Group. Ya lumayan lah hasilnya. Awal pandemi meningkat. Tapi berhubung banyak yang budidaya koi mulai ada penurunan tapi masih bisa berjalan. Sampai dengan saat ini kesulitan dalam budidaya ikan koi hanya masalah hama saja,” jelasnya.

Ahmad Ishari pun senang kelompok petani ikan koi di lingkungannya mendapat bantuan benih ikan koi dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri. Harapannya bantuan tersebut dapat membantu kelompok petani ikan koi untuk terus mengembangkan budidaya ikan koi.

“Terima kasih banyak atas bantuannya. Ini sangat membantu bagi kami para petani ikan koi. Semoga kita dapat terus berkolaborasi untuk budidaya ikan koi,” pungkasnya.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar senang dengan munculnya petani dari kalangan milenial. “Senang sekali ya melihat anak-anak muda ini. Banyak anak muda yang terlibat di kelompok petani ikan koi ini. Saya sangat interest. Bahkan mereka juga sudah jualan dan hasilnya bagus. Harapan saya ini bisa menginspirasi anak-anak di daerah lain untuk mencari ide kreatif semacam ini,” ujarnya saat memberikan bantuan ikan koi di Kelurahan Gayam (26/8/2021). [nm/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar