Politik Pemerintahan

Mas Abu Ditunjuk Jadi Ketua DPD PAN Kota Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Setelah menunggu lama, nama Ketua Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Kediri resmi akhirnya ditentukan.

Sebelumnya, dalam gelar rapat internal yang dilakukan oleh tujuh orang formatur dalam menentukan nama Ketua dan Sekretaris DPD Partai PAN Kota Kediri justru menghasilkan keputusan yang berbeda di antara tujuh orang formatur. Adanya perbedaan sikap tersebut membuat formatur menyerahkan penunjukan Ketua DPD ke ranah yang lebih tinggi yakni Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Sementara itu, dari hasil keputusan DPP memutuskan nama Abdullah Abu Bakar (Walikota Kediri) menjadi Ketua DPD PAN periodesasi 2020-2025. Sedangkan di posisi Sekretaris dijabat oleh Kholifi Yunon, Bendahara dijabat oleh Firdaus dan di posisi sebagai Majelis Pertimbangan Partai dijabat oleh Abdul Bagi.

“Surat Keputusan (SK) DPP menyangkut penunjukan Ketua dan Sekretaris DPD PAN Kota Kediri telah keluar pada Sabtu (1/4/21) kemarin. Hasilnya Mas Abu (sapaan Abdullah Abu Bakar) ditunjuk sebagai Ketua DPD,” kata Abdul Bagi.

Sedangkan, saat disinggung mengenai alasan DPP untuk menunjuk Abdullah Abu Bakar sebagai Ketua DPD, Abdul Bagi mengaku tak tahu menahu terkait perihal tersebut.

“Saya tidak tahu alasannya apa. Mungkin lebih baiknya bisa ditanyakan langsung ke sana. Intinya, apapun sebuah keputusan yang telah turunkan oleh DPP, ya kita harus menerima, mematuhi dan menjalankan,” ungkapnya.

“Yang jelas, di struktural baru ini diharapkan dapat membuat DPD PAN Kota Kediri semakin lebih baik terutama dalam mendulang suara di Pemilihan Legislatif (Pileg) ke depan,” imbuhnya.

Diketahui sebelumnya, dalam gelar rapat internal jajaran formatur memunculkan dua versi hasil nama ketua dan sekretaris DPD PAN Kota Kediri yang berbeda.

Di mana usulan pertama yaitu memunculkan nama Abdul Baqi ditunjuk sebagai Ketua DPD, Sekretaris Firdaus, Bendahara Anton Dipayasa dan Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) Kholifi Yunon. Opsi pertama ini disetujui oleh Abdul Baqi dan Firdaus.

Sedangkan opsi usulan kedua muncul sebagai Ketua DPD ialah Kholifi Yunon, Sekretaris saudara Anton Dipayasa, Bendahara saudara Firdaus dan Ketua MPP Abdul Baqi. Sedangkan usulan opsi kedua ini disetujui oleh 4 anggota formatur yakni Kholifi Yunon, Anton Dipayasa, Reza Darmawan, dan Panggihono.

Terpisah, Abdullah Abu Bakar sebagai Ketua DPD terpilih memaparkan, setelah dirinya terpilih sebagai ketua, pengurus akan menyusun beberapa rapat untuk membahas teknis-teknis. Dalam rapat tersebut akan diserap gagasan baru dari anggota yang ada di lapangan serta dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kediri lainnya.

“Bagaimana yang harus kami garap ke depan, bagaimana masyarakat menyampaikan aspirasinya. Intinya bagaimana partai ini lebih baik lagi ke depan,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD PAN Kota Kediri, Kholifi Yunon menuturkan jika tujuan utama partai adalah meningkatkan kepercayaan masyarakat. “Intinya kami pengurusan baru ingin memperbesar partai melalui program-program yang akan kami bentuk,” tutupnya. [nm/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar