Politik Pemerintahan

Mantan Ketua PKB Malang Jabat Ketua BAMUSI

Malang (beritajatim.com) – Mantan Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Malang, H.Abdurahman dipercaya sebagai Ketua Baitul Muslimin Indonesia (BAMUSI) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang.

Abah Dur, panggilan akrabnya, diminta menjadi nahkoda baru BAMUSI periode 2020-2025. Hadir dalam pelantikan pengurus baru BAMUSI Kabupaten Malang yakni Wakil Ketua DPP PDI Perjuangan Dr. Ahmad Basarah, M.H. dan Sekretaris DPD PDI Perjuangan Dr. Sri Untari Bisowarno M.AP.

Pelantikan di Kantor DPC PDIP Kabupatem Malang itu juga dihadiri langsung Bupati Malang sekaligus Ketua Dewan Pembina BAMUSI Kabupaten Malang H.M Sanusi MM. Serta, Wakil Bupati Malang sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang Drs. Didik Gatot Subroto, S.H., M.H.

Dalam sambutannya, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto mengungkapkan, BAMUSI sebagai badan dibawah naungan partai untuk mewadahi tokoh-tokoh masyarakat yang beragama Islam dalam PDI Perjuangan.

“Kepengurusan BAMUSI terdiri dari tokoh-tokoh agama yang ada di Kabupaten Malang. Sudah menjadi tugas kami untuk memperkokoh dan memperbesar PDI Perjuangan di Kabupaten Malang, salah satunya dengan membesarkan BAMUSI sebagai sayap partai,” ungkap Didik.

Dengan dilantiknya kepengurusan BAMUSI ini, kata Didik, dapat memperkokoh PDI Perjuangan sebagai partai yang terbuka dan mewadahi seluruh elemen Bangsa Indonesia. “Harapan besar kami tergabungnya tokoh agama, dapat mempersatukan nilai-nilai religius dan nasionalis untuk kemajuan bangsa Indonesia terkhusus Kabupaten Malang,” jelasnya.

Hal sama juga ditegaskan Sekretaris DPD PDI Perjuangan, Dr. Sri Untari Bisowarno, M.AP. Menurut Untari, BAMUSI merupakan sayap partai yang menjadi garda terdepan bagi PDI Perjuangan dalam bidang religiusitas di Kabupaten Malang.

“BAMUSI sebagai sayap partai untuk membangun akhlak masyarakat. Kaum nasionalis punya cara berjuang yang unik, namun PDI Perjuangan tetap masyarakat nasionalis dan religius,” tegas Sri Untari.

Tidak hanya itu, dengan dilantiknya pengurus BAMUSI ini dapat semakin mengembangkan dan membesarkan PDI Perjuangan. “Menjadikan BAMUSI sebagai ujung tombak PDI Perjuangan dalam membangun masyarakat religius di Kabupaten Malang,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPP PDI Perjuangan sekaligus pendiri dan Dewan Penasehat BAMUSI Dr. Ahmad Basarah M.H. mengungkapkan rasa syukur serta apresiasi sebesar-besarnya atas dilantiknya pengurus BAMUSI Kabupaten Malang.

“BAMUSI yang terinspirasi dan diinisiasi oleh Alm. Bapak Taufiq Kiemas. Beliau memikirkan untuk kemudian membentuk wadah dakwah kepada umat Islam di PDI Perjuangan,” terang Basarah.

Politisi yang menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI tersebut juga menekankan BAMUSI hadir untuk melanjutkan perjuangan dakwah Bung Karno.

“Keislaman Bung Karno tidak bisa diragukan. Ia mengikuti tabligh tabligh akbar pada masa muda dan saat dibuang oleh Belanda ke pengasingan. Pada tahun 1954 Bung Karno juga mendapatkan gelar Waliyyul Amri Ad-Dharuri bi As-Syaukah dari Nahdatul Ulama (NU),” ucapnya.

Basarah juga menekankan keteladanan Bung Karno dalam menjalankan ajaran islam sudah sepatutnya dilanjutkan oleh Kader-Kader PDI Perjuangan sebagai penerus ajaran Bung Karno.

Terpisah, Abah Dur usai terpilih sebagai Ketua BAMUSI Kabupaten Malang, Kamis (8/4/2021) memaparkan, BAMUSI adalah ladang dakwah bagi seluruh lapisan masyarakat. Dalam BAMUSI, terdiri dari berbagai kelompok mulai Islam NU dan Muhammadiyah.

“Ideologi BAMUSI adalah religius dan nasionalis. Salah besar apabila ada sekelompok elemen yang menuding BAMUSI dan PDIP itu anti Islam. Karena didalam PDIP dan BAMUSI sebagai sayap partai, 85 persen orang Islam semua. Mereka sangat nasionalis dan religius,” ucap Abah Dur yang pernah menjabat Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif PCNU Kabupaten Malang itu.

Abah Dur menambahkan, dalam waktu dekat program kerja BAMUSI Kabupaten Malang akan segera dibentuk. Termasuk mengkordinir kader BAMUSI diseluruh kecamatan. “Nanti kami siapkan pengurus BAMUSI tiap kecamatan. Kita syiarkan Islam yang Rahmatan Lil Alamin lewat BAMUSI. Bagi saya, BAMUSI adalah ladang dakwah untuk mempersatukan umat Islam agar tidak mudah dipecah belah,” pungkas mantan anggota DPRD Kabupaten Malang ini. [yog/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar