Politik Pemerintahan

Mantan Kadis Bina Marga Jember Bantah Tak Ada Data Jalan Rusak

Jember (beritajatim.com) – Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Jember Rasyid Zakaria membantah pernyataan soal tidak adanya data jalan rusak.

“Ada semua lengkap, dan grafiknya sudah saya siapkan: jalan rusak ringan, rusak berat, dan lain-lain,” kata Rasyid.

Sebelumnya Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Jember Yessiana Arrifah mengaku kesulitan mencari data jalan berlubang. Hal ini dikemukakannya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi C DPRD Jember, Jawa Timur, di gedung parlemen, Rabu (6/3/2019).

“Data kerusakan jalan di mana saja itu tidak ada. Jadi bertahun-tahun memang sifatnya hanya instruksi top down, jalan ini mau diperbaiki. Padahal seharusnya tidak boleh membeda-bedakan. Di setiap ruas jalan harus ada buku catatan pemeliharaan. Tidak ada itu (buku),” kata Yessiana.

“Tahun 2010 saya sudah buat blue print jalan kabupaten dengan sistem jumlah jalan baik, jalan rusak berat, jalan rusak ringan. Jalan yang baik lama lama akan jadi rusak ringan, jalan rusak ringan akan jadi rusak berat,” kata Rasyid.

Rasyid mengingatkan, naik turunnya panjang kerusakan jalan berjalan pada beberapa faktor. “Pertama, pelanggaran muatan tonase kendaraan berat, dan kedua, ketersediaan anggaran yang memadai,” katanya. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar