Politik Pemerintahan

Malam Ini, Bawaslu Jember Tertibkan Peraga Kampanye di Segitiga Emas

Jember (beritajatim.com) – Badan Pengawas Pemilu menertibkan alat peraga kampanye milik para kandidat bupati dan wakil bupati di kawasan Segitiga Emas, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (29/9/2020) malam. Segitiga Emas adalah sebutan kawasan pusat kota dan perekonomian di Kecamatan Kaliwates.

Ketua Bawaslu Jember Thobrony Pusaka mengatakan, penertiban dilakukan pada malam hari untuk menghindari keramaian. “Kalau masih jam kerja, banyak kendaraan berlalu lalang,” katanya. Semua APK diturunkan, termasuk yang di papan reklame.

Dalam penertiban ini, Bawaslu berkoordinasi dengan polisi dan satuan polisi pamong praja. Ini untuk menghindari kesalahpahaman dengan warga yang sempat terjadi Minggu malam lalu. Saat itu, petugas panitia pengawas kecamatan di Kaliwates sempat dihalang-halangi warga saat hendak melakukan penertiban.

Komisioner Bawaslu lainnya, Dwi Endah Prasetyawati, mengatakan, sebagian APK sudah ditertibkan. “Kami sudah berkoordinasi dengan Pelaksana Tugas Bupati Pak Kiai Muqiet,” katanya.

Bawaslu jember sudah mengimbau kepada Bupati Faida sebelum memasuki masa cuti kampanye pilkada agar segera menurunkan semua atribut bergambar dirinya, termasuk di ambulans milik pemerintah daerah. “Imbauan itu tidak sampai kepada Pak Plt Bupati (Pelaksana Tugas Bupati Abdul Muqiet Arief),” kata Endah.

Endah meminta agar gambar Faida yang terpasang di ambulans, lembaga pemerintahan dan pendidikan, serta situs berita resmi pemerintah daerah agar diturunkan. “Pemkab Jember meminta kami memberikan surat sebagai landasan pengambilan kebijakan. Responsnya positif. Tapi memang ada perbedaan cara pandang terhadap isi APK antara Komisi Pemilihan Umum dan Bawaslu,” katanya. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar