Politik Pemerintahan

Makna Hari Raya Idul Adha Bagi Plt Bupati Malang

Malang (beritajatim.com) – Bersama jajaran Organisasi Pimpinan Daerah (OPD), Plt Bupati Malang, Bupati HM. Sanusi menjalankan soolat Idul Adha di Masjid Sabilal Muhtadin, Desa Wonomulyo, Kecamatan Poncokusmo, Kabupaten Malang, Minggu (11/8/2019).

Dalam sambutannya, Sanusi menyampaikan, hari ini merupakan momen bahagia dan syukur bagi umat Islam. Idul Adha, adalah simbol dari ketaatan seutuhnya kepada Allah SWT, simbol keimanan yang tiada pernah tergoyahkan, dan juga simbol pengorbanan besar yang ditujukan hanya untuk mengharapkan ridho Allah SWT semata.

“Mari sebagai umat Islam, tidak terbatas memaknai hari raya nan akbar ini sebagai sebuah amal rutinitas semata. Lebih dari itu, nilai yang tersirat dan tersurat dalam Idul Adha hendaknya dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk pula dalam menjalankan pembangunan bangsa dan negara yang kita cintai, ” ucapnya.

Sanusi juga mengajak masyarakat Kabupaten Malang, untuk terus membudayakan sikap saling peduli dan mau berbagi dengan sesama, dimana nilai ini juga menjadi ajaran yang tersirat dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Adha.

” Berbagi disini, tidak terbatas melaksanakan penyembelihan hewan kurban yang diberikan pada masyarakat yang berhak menerimanya. Berbagi, juga dapat dimaknai sebagai sikap kepedulian kita terhadap lingkungan dan kepada sesama manusia, ” terang Sanusi.

Ia mengatakan nilai yang tersirat dalam Idul Adha, hendaknya dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk juga dalam menjalankan tugas dan kewajiban, utamanya bagi pemimpin serta seluruh ASN yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang.

“Saya berharap kepada semua ASN yang ada di Kabupaten Malang, disamping menjalankan perintah Allah sebagai bentuk iman dan taqwa kepada Allah, tetapi juga harus mematuhi semua aturan-aturan yang telah ditentukan. Saya berpesan kepada ASN untuk jauhi NPK (narkoba, pungli dan korupsi) karena itu yang akan membuat negara kita terpuruk ” tegasnya.

Dalam Solat Idul Adha tersebut, bertindak sebagai imam, Ketua Baznas Kabupaten Malang, H Khoirul Hafidz. Usai salat Id, Sanusi secara simbolis menyerahkan bantuan hewan kurban berupa sapi kepada takmir masjid. [yog/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar