Politik Pemerintahan

Makin Gencar, Banyuwangi Sosialisasi KTP Digital

ktp
Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sosialisasi KTP digital kepada masyarakat untuk memantapkan program digitalisasi dan memberikan layanan kependudukan yang cepat dan mudah.

Banyuwangi (beritajatim.com) – Banyuwangi sosialisasi KTP secara digital menyeluruh kepada masyarakat. Pemanfaatan pelayanan kartu identitas diri itu bisa menggunakan perangkat elektronik smartphone.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Dispendukcapil Banyuwangi Djuang Pribadi mengatakan, sosialisasi itu untuk memberi pemahaman kepada warga, termasuk kepada petugas pelayanan publik adanya KTP digital.

Djuang menyebut, sejumlah instansi pemerintah telah menerima sosialisasi tersebut. Tak terkecuali merambah ke instansi pemerintah untuk pemanfaatannya. “Seperti pihak pelabuhan dan beberapa perbankan sudah kami beri sosialisasi agar mereka mulai memanfaatkan KTP digital,” kata Djuang Pribadi saat ditanya soal sosialisasi KTP digital Banyuwangi, Jumat (6/1/2023).

Nantinya, sejumlah instansi yang telah menerima sosialisasi diharapkan akan menggunakan KTP digital sebagai pengganti KTP elektronik dalam bentuk fisik. “Harapannya tahun ini bisa mulai dijalankan. Petugas sudah mulai terbiasa menggunakan KTP digital,” terangnya.

Sesuai data Dispendukcapil Banyuwangi terdapat 3 ribu lebih warga yang memiliki KTP digital. Dari jumlah itu mayoritas warga merupakan aparatur sipil negara (ASN).

Langkah awal, kata Djuang, sosialisasi KTP digital Banyuwangi memang menyasar ke kalangan ASN. Hal ini untuk mendorong agar mereka yang bertugas sebagai pelayanan publik juga mulai memanfaatkan KTP digital. Akan tetapi ke depan masyarakat umum juga diharapkan segera dapat mengakses identitas kependudukan digital tersebut.

“Untuk memiliki KTP digital, masyarakat harus memiliki smartphone. Warga juga harus mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital melalui Playstore atau App Store,” pungkasnya. [rin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar