Politik Pemerintahan

Makan Telur Dahulu, Vaksinasi Kemudian

Wabup Jombang Sumrambah memantau pelaksanaan vaksinasi di PP Darul Ulum Kepuhdoko, Selasa (7/9/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Tangan kanan Wakil Bupati (Wabup) Jombang Sumrambah menggenggam telur yang sudah matang. Dia kemudian mengangkat telur dalam genggaman itu. Gerakan tersebut diikuti ratusan santri Pondok Pesantren Darul Ulum Kepuhdoko, Kecamatan Tembelang, Selasa (7/9/2021).

Para santri duduk berjajar memanjang di kursi yang sudah disediakan. Jarak antara satu dengan yang lainnya diatur berjarak sedemikian rupa. Mereka berseragam putih abu-abu, lengkap dengan maskernya. Wabup Sumrambah kemudian mengupas telur tersebut, lagi-lagi ratusan santri mengikutinya dengan serentak. Terakhir, semua yang hadir menikmati telur rebus tersebut.

Itulah kampanye gerakan makan telur yang dipimpin oleh Wabup Sumrambah. Pada kesempatan itu, Sumrambah didampingi pengasuh PP (Pondok Pesantren) Darul Ulum Kepuhdoko KH Mustain Hasan, serta sejumlah pejabat Pemkab Jombang. Ratusan santri nampak menikmati telur rebus tersebut.

Usai menyantap telur, Wabup Sumrambah mengajak perwakilan santri berdialog dan memberikan mereka pertanyaan. Hal itu dilakukan guna mengasah kemampuan para santri. Pasalnya, sudah sekian lama mereka mengikuti pembelajaran hanya melalui daring (dalam jaringan), karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Acara makan telur massal selesai, kemudian dilanjut vaksinasi Covid-19 dosis dua bagi ratusan santri. Tahap awal, mereka melakukan registrasi, lalu menjalani skrining kesehatan, dan terakhir penyuntikan vaksin dosis dua jenis Sinovac. “Saat disuntik vaksin tidak sakit,” ujar salah satu santri berjilbab.

Wabup Sumrambah mengatakan, sebanyak 700 santri mengikuti vaksinasi dosis kedua. Sebelum divaksin, para santri terlebih dahulu mengikuti gerakan makan telur. Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya meringankan beban masyarakat terdampak covid-19. Selain itu juga untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan capaian vaksinasi di Kabupaten Jombang, serta untuk persiapan PTM (Pembelajaran Tatap Muka).

“Semoga dengan rajin mengkonsumsi telur, anak-anak dikaruniai kesehatan yang baik, menjadi generasi handal dan bertanggung jawab. Anak-anak akan menjadi generasi pintar, dan menjunjung tinggi kejayaan bangsa Indonesia yang kita cintai,” tutur Sumrambah.

Mantan anggota DPRD Jatim ini menambahkan, atas nama pribadi dan Pemkab Jombang, pihaknya menyampaikan banyak terima kasih dan penghargaan kepada PT. Phokpand yang melakukan sinergi dengan PP Darul Ulum Kepuhdoko. PT Phokpand memberikan bantuan kemanusiaan melalui program CSR (Corporate Social Responsibility), yakni program makan telur.

“Dalam situasi seperti ini kita harus melakukan sinergi. Ini sebagai bentuk kepedulian dari perusahaan dalam rangka penanggulangan dan penanganan Covid-19. Saya sampaikan terima kasih dan salam sehat dari saya kepada seluruh jajaran PT. Pokphand. Semoga semakin maju dan berkembang serta selalu memperhatikan warga dan lingkungan di sekitar tempat usahanya,” ujarnya.

Sumrambah juga mengingatkan kepada para santri agar mereka tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes). Di antaranya, mengenakan masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, serta menjauhi kerumunan. “Meksi sudah vaksin, protokol kesehatan harus tetap diterapkan,” katanya berpesan.

Di tempat yang sama, pimpinan PT. Pokphand, Eko Praptomo mengungkapkan bahwa sebanyak 4.200 butir telur telah diserahkan ke PP. Darul Ulum Kepuhdoko, Tembelang untuk acara ‘Gerakan Santri Makan Telur’ yang juga dirangkai dengan vaksinasi dosis 2.

“Ini merupakan CSR atau tanggung jawab sosial PT Phokpand. Sejak 22 Juli 2021, setiap Minggu kami memberikan bantuan 128 telur untuk pesantren Darul Ulum. Upaya ini untuk membantu penanganan Pandemi Covid-19,” ungkap Eko Praptomo dalam sambutannya.

Hal senada disampaikan pengasuh PP Darul Ulum Kepuhdoko KH Mustain Hasan. Pihaknya sangat berterima kasih dan mengaku sangat terbantu atas bantuan CSR PT. Phokphand. “Bantuan tersebut mampu menunjang dan mengantarkan anak anak hingga lulus sekolah,” pungkas Mustain. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar