Politik Pemerintahan

Maju Cawabup Gresik, Wakil Ketua DPRD Bakal Mundur

Wakil Ketua DPRD Gresik dr Asluchul Alief yang juga Cawabup saat memberikan bantuan ke warga

Gresik (beritajatim.com)- Wakil Ketua DPRD Gresik dr Asluchul Alief bakal mengundurkan diri dari kursi legislatif. Langkah ini diambil karena politisi dari Partai Gerindra itu maju sebagai Cawabup Gresik berpasangan dengan Cabup M.Qosim.

Bakal mundurnya Alief dipastikan mengubah struktur di DPRD Gresik. Hal ini karena ada satu slot dari total delapan kursi milik Fraksi Gerindra. Sekretaris DPC Gerindra Gresik Asikin Harianto menuturkan, pengganti wakil ketua DPRD Gresik nanti masih dibahas di internal DPC Gerindra.

“Soal itu masih dibahas di internal partai. Untuk menggantikan posisi wakil ketua dewan termasuk struktur pimpinan di Fraksi Gerindra,” tuturnya, Selasa (26/8/2020).

Menurutnya, ada dua kandidat yang kemungkinan besar duduk di Wakil Ketua Dewan Gresik. Keduanya antara lain Nur Saidah dan Ketua Komisi II DPRD Gresik Markasim Halim Widianto. Keduanya pun merupakan kader senior Gerindra

“Yang pasti seluruh kader kami di legislatif sudah siap. Karena semuanya memiliki kompetensi,” kata Asikin.

Ia menambahkan, tidak ada permasalahan signifikan bagi Gerindra untuk menjalankan tugas pokok di legislatif. Sebab, partainya tetap fokus untuk mengawal program dan aspirasi masyarakat. Nantinya, satu kursi kosong dari Fraksi Gerindra pasca Alif mundur akan diisi oleh Achmad Ubaidi. Caleg dari dapil VIII Gresik (Sidayu, Manyar, Bungah) yang mampu meraup total 3.065 suara.

“Sesuai aturan KPU kan begitu, caleg dengan urutan suara terbanyak dari partai. Syarat pengganti antar waktu (PAW) juga segera kami proses,” ungkapnya.

Disisi lain, calon (PAW) dari Gus Yani sendiri adalah Elma Dwi Fitriana. Pada pileg 2019, perempuan muda alumnus SMANU 1 Gresik itu ikut bertarung dari Dapil II Gresik (Duduksampeyan, Cerme). [dny/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar