Politik Pemerintahan

Mahfud MD: Warga Teriak Salah Satu Capres Saat Calon Lain Kampanye Itu Wajar

Banyuwangi (beritajatim.com) – Profesor Mahfud MD mengatakan, kampanye yang dilakukan oleh calon presiden dan wakil presiden sering diwarnai kontradiksi.

Misalnya, saat capres atau cawapres datang melakukan di suatu daerah, pendukung dari pasangan capres lainnya menyambut dengan menyebut capres pilihannya.

“Seperti saat Prabowo datang atau Sandiaga Uno datang ke suatu tempat ada warga yang meneriakan mendukung Jokowi, misalnya. Itu tidak apa-apa, itu biasa dalam kampanye. Sama juga terjadi saat Jokowi kampanye, ada yang dukung Prabowo,” kata Mahfud MD saat kegiatan Jelajah Kebangsaan bersama PT. Kereta Api Indonesia di Banyuwangi, Jumat (22/2/2019).

Tapi, kata Mahfud, ada satu pengecualian yakni terjadi pelanggaran hukum.

“Yang tidak boleh itu, seperti penghadangan, perusakan tempat kampanye. Jadi terima saja sebagai hal yang wajar asal tidak melakukan tindakan kriminil,” tambahnya.

Hal ini sempat terjadi di Banyuwangi, Kamis (21/2/2019). Saat itu, kedatangan cawapres Sandiaga Uno melakukan kunjungan dan menyapa pendukungnya di beberapa tempat di Bumi Blambangan.

Saat bersamaan, sejumlah warga yang diduga pendukung pasangan capres nomor urut 1 meneriakkan dukungan. Meski demikian, kondisi ini tak menimbulkan sebuah pelanggaran hukum. (rin/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar