Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Magetan Siapkan Rp 2,8 M untuk Poles Ruas Jalan ke Destinasi Wisata

Ruas Jalan yang bakal dipoles salah satunya adalah kawasan menuju Nepal van Magetan, Dusun Wonomulyo, Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Magetan. (Foto: Fatihah Ibnu Fiqri)

Magetan (beritajatim.com) – Jalan menuju tempat-tempat wisata di Magetan bakal dipoles dan diperlebar tahun ini. Total Rp 2,8 miliar disiapkan untuk membangun tiga ruas jalan yakni Genilangit – Wonomulyo, Sumberagung – Plangkrongan, dan Temboro – Taji.

‘’Rencana kami bangun tahun ini, termasuk dalam program prioritas, meski nilainya terkurangi dari nilai awal, ’’ ungkap Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Magetan Didiek Budiman, Kamis (5/8/2021).

Didik menyebut kalau pembangunan itu tak masuk daftar yang dicoret dalam refocusing anggaran. Tiga daerah itu masuk daerah wisata yakni menuju Taman Wisata Genilangit Kecamatan Poncol, Wisata Randugede Kecmaatan Plaosan, hingga Wisata Kampung Madinah Desa Temboro Kecamatan Karas.

‘’Ketiganya kan sudah dirintis sejak beberapa tahun lalu, utamanya untuk Temboro,’’ katanya.

Mulanya untuk Jalan Temboro Taji dianggarkan sekitar Rp 1,1 miliar terkepras jadi Rp Rp 734 juta. Untuk ruas Genilangit Wonomulyo dan ruas Sumberagung Pelangkrongan masih sama seperti perencanaan karena masuk yang prioritas. Masing – masing yakni Rp 1,1 miliar dan Rp 1 miliar.

‘’Hanya berkurang sedikit, pagu anggaran masih sama,’’ ungkapnya.

UNtuk ruas Genilangit Wonomulyo, jalan tak hanya diaspal tapi juga diperlebar. Kini lebarnya hanya sekitar empat meter. Pun,akan dilebarkan sebanyak lima hingga enam meter. Jalanan yang berada di pinggiran tebing itu harus diminimalisir dari potensi longsor yang selama ini kerap terjadi.

‘’Karena di Wonomulyo kan juga termasuk desa wisata, khususnya desa wisata Genilangit’’ ungkapnya.

Sementara, untuk kampung Madinah, jalan yang ditempuh dari Sukomro sudah cukup mulus. Sehingga, tahun ini difokuskan untuk jalan yang berasal dari Desa Taji. Selama ini fasilitas menuju Desa Temboro sudah dicukupi termasuk dengan diselesaikannya jembatan Randukuning di jalan masuk desa.

‘’Kemungkinan selesai di Oktober, sehingga di tahun baru sudah mulus,’’ katanya. [fiq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar