Politik Pemerintahan

Harjad Ke-489 Kabupaten Pamekasan

Madura Eksotik Carnival Hadirkan Desainer Fashion Internasional

Pamekasan (beritajatim.com) – Pagelaran Madura Eksotik Carnival yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi (Harjad) Ke-489 Kabupaten Pamekasan, menghadirkan salah satu Desainer Fashion Internasional, Embran Nawawi, Jumat (25/10/2019) malam.

Pegelaran tersebut ditempatkan di depan Taman Aspirasi, tepatnya di depan Mandhepa Agung Ronggosukowati, Jl Kabupaten. “Madura Eksotik Carnival merupakan ikon pagelaran seni dan budaya yang menjadi daya tarik masyarakat,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disporabud) Pamekasan, Achmad Sjaifuddin.

“Pagelaran ini merupakan perpaduan antara model fashion show batik khas Pamekasan, dan sape sono’. Bahkan dalam momentum ini, kami juga memghadirkan Desainer Fashion International, Embran Nawawi,” sambung pria yang akrab disapa Sjaifuddin.

Tidak hanya itu, pihaknya menilai pagelaran tersebut berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya yang hanya menitik beratkan pada sektor budaya batik semata. “Kali ini selain mengekspos batik daerah maupun internasional, pagelaran ini juga ada fashion show batik sape sono’ dengan iringan musik orkestra dan (musik) saronen,” ungkapnya.

“Dan tidak kalah penting, adanya pagelaran ini kita harapkan kaum milenial bisa lebih mencintai batik, karena pada hakikatnya batik tidak hanya difungsikan sebagai sandang semata. Tetapi juga bisa dijadikan sebagai asesoris dan gaya hidup bagi kaum milenial,” pungkasnya.

Dalam rangkaian Harjad Ke-489 daerah berslogan Bumi Gerbang Salam, tercatat sebanyak 22 program berbeda yang akan digelar secara maraton hingga beberapa hari kedepan. Masing-masing sebanyak 15 program selama Oktober 2019, serta sebanyak tujuh program pada edisi November 2019.

Rangkaian program selama Oktober 2019, yakni Pamekasan School Fair, Jambore Pemuda Daerah Tingkat Jatim, Festival Budaya Madura, Mekkasan Matoron Arghe, Gebyar Batik Pamekasan Hebat, East Java Climbing Sportaiment, Madura Eksotic Carnival, Seminar International, Malam Kemilau Madura, Gebyar Kolosal 489 Tari Topeng Gettak, Madura Music Daul Fertival, Pekan Budaya Madura, Pamekasan Drumband Carnival, serta Haul Ronggosukowati.

Sementara pada edisi November 2019, masing-masing Lomba PBB Pasukan 8, Kirab Budaya Madura, Run 13K se Jawa Timur, Sinergitas Trail Adventure, Upacara dan Rapat Paripurna, Pesta Rakyat Pamekasan Hebat, serta Gerak Jalan Tradisional Palapa. [pin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar