Politik Pemerintahan

Machfud Arifin Kolaborasi Komunitas Ojol Donorkan Darah untuk Beirut

Surabaya (beritajatim.com) – Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin bersama Relawan Komunitas Pendukung Machfud Arifin (KPMA) bergerak melanjutkan program peduli kemanusiaan. Relawan KPMA bersama Cak Machfud mengadakan kegiatan sosial donor darah untuk dikirimkan ke Beirut, Lebanon.

Dalam kesempatan ini, para peserta berasal dari ojek online (ojol) Kota Surabaya. Mereka pun tergabung dalam satu komunitas yang mendukung dan menyuarakan Arek Suroboyo kelahiran Ketintang tersebut yakni Gendong Royong Pendukung Machfud Arifin (Grop MA).

“Kegiatan ini adalah lanjutan dari donor darah yang kemarin, saat ini kita menggandeng komunitas ojol pendukung Pak Machfud Arifin yaitu Grop MA. Insya Allah kegiatan ini akan menjadi berkah bagi kita semua,” kata Ketua KPMA, Anto, Sabtu (15/8/2020) di Gedung PMI Surabaya.

Kegiatan yang diadakan mulai dari jam 10 hingga 12 siang, berhasil mengumpulkan ratusan liter kantung donor dari 103 peserta yang terdiri dari komunitas Grop MA. Kegiatan ini pun mendapat banyak apresiasi dari masyarakat.

“Pak Machfud Arifin peduli terhadap sesama, tak terikat batas negara, yang di luar negeri saja beliau bantu apalagi warga Surabaya. Peserta yang datang mendonorkan darahnya juga Pak Machfud Arifin berikan apresiasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Cak Machfud menyampaikan terima kasihnya kepada KPMA karena telah menggelar kegiatan sosial untuk membantu warga Beirut. Menurutnya apa yang terjadi di Beirut merupakan berita duka atas kemanusiaan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada KPMA yang telah menggelar kegiatan sosial untuk membantu saudara kita di Beirut. Sesama umat manusia kita harus saling membantu apalagi bila ada saudara kita yang mendapatkan musibah, mereka perlu dibantu dan Insya Allah, Allah SWT membalas kebaikan kita di dunia dan di akhirat kelak,” tutur Machfud Arifin.

Selain itu, mantan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim Jokowi-Ma’ruf ini mengatakan agar agenda donoro darah cepat dilakukan. Hal ini bertujuan agar hasil dari donor darah dapat segera dikirim ke Lebanon melalui PMI pusat.

“Kebaikan yang disegerakan itu lebih baik, banyak warga Lebanon yang membutuhkan uluran tangan kita termasuk kantong-kantong darah yang kita kumpulkan ini,” pungkasnya.

Sejauh ini, sebanyak 205 kantong sarah telah dikumpulkan. Direncanakan pada hari Minggu (16/08) besok, kegiatan akan dianjutkan dengan mengundang 100 orang peserta.

Tambahan informasi, Beirut, Lebanon masih dirundung duka, ledakan hebat terjadi di pelabuhan pada hari Selasa (04/08) lalu. Ledakan tersebut dipicu oleh kebakaran di gudang tempat penyimpanan amonium nitrat, yang jumlahnya dilaporkan mencapai 2.750 ton. [hen/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar