Politik Pemerintahan

M.Qosim: Panwascam Harus Tegas dan Bertanggungjawab

Gresik (beritajatim.com) – Wabup Gresik M.Qosim menuturkan anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Gresik, harus tegas dan bertanggungjawab. Hal ini disampaikan saat menghadiri 54 orang Panwascam yang yang terpilih hasil seleksi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik, Minggu (22/12/2019).

Panwascam ini akan bertugas dalam rangka kontestasi Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati pada tahun 2020 mendatang. Selain dihadiri Wabup Gresik, pelantikan dan pengambilan sumpah Panwascam tersebut juga dihadiri sejumlah unsur Forkopimda, yakni Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, dan Wakil Ketua DPRD Gresik Ahmad Nurhamim.

Wabup M.Qosim, saat memberikan sambutannya, banyak memberikan arahan terkait tugas dan tantangan para Panwascam kedepan. Dirinya, mengatakan bahwa Panwascam harus tegas dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.

“Panwascam merupakan ujung tombak pengawasan terhadap penyelenggaraan pemilihan pada tingkat kecamatan yang diharapkan tetap berpedoman pada ketentuan serta peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, kepada para Panwascam agar tidak takut diteror, dimaki bahkan difitnah. “Terutama mental yang harus tetap kokoh terhadap indikasi ancaman semacam teror bahkan fitnah sekalipun,” imbuhnya.

Keberadaan Panwascam lanjut M.Qosim, bertujuan untuk menjaga kualitas dan kepastian hukum agar pesta demokrasi yang akan dilaksanakan berjalan dengan lancar. “Mulai dari masa pendaftaran, pelaksanaan hingga perhitungan suara dapat berjalan dengan aman dan lancar. Semoga para Panwascam yang telah dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, tulus dan ikhlas,” tandasnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar