Politik Pemerintahan

Lumpur Sumbat Pompa PDAM, Ribuan Rumah di Jember Kesulitan Air

Jember (beritajatim.com) – Sekitar 5.500 sambungan rumah di Kabupaten Jember, Jawa Timur, tidak mendapat suplai air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Pandhalungan sejak Sabtu (18/4/2020) hingga Senin (20/4/2020).

Ribuan rumah yang tidak mendapat suplai air bersih via pipa PDAM tersebar di 51 kawasan perumahan dan perkampungan. “Penyebabnya tumpukan sedimentasi (lumpur yang masuk ke mesin pompa),” kata Direktur PDAM Jember Adi Setiawan.

Adi mengaku sudah meminta bantuan alat berat kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mengeruk sedimen lumpur di Sungai Bedadung. Pemprov menyanggupi, namun menunggu air sungai surut dan debit air sungai turun. “Ternyata tidak keburu,” katanya.

PDAM Jember akhirnya melakukan pengerukan manual dan ini butuh waktu lama. Pengerukan dilakukan di kawasan Villa Tegal Besar, tempat pertemuan Sungai Bedadung dan Sungai Jompo. “Endapannya luar biasa. Pompa air tersumbat lumpur terus, sehingga tidak bisa bekerja,” kata Adi. Padahal pompa itu bisa mengalirkan air hingga 70 liter per detik.

Adi berharap perbaikan pompa bisa selesai malam ini. Namun untuk keadaan darurat, PDAM Jember menempuh dua cara, yakni memindahkan aliran air dari sumber air lain dan mengerahkan empat armada truk tangi berisi air. [wir/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar