Politik Pemerintahan

Lulus Seleksi CPNS Ponorogo, Ini Tahapan Selanjutnya

peserta yang lulus CPNS Ponorogo tahun 2019 mendapatkan pembekalan di gedung Sasana Praja. (Foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Sebanyak 491 orang yang mengikuti seleksi CPNS tahun 2019, akhirnya dinyatakan lulus sebagai PNS. Mereka sebelumnya melakukan beberapa tahapan seleksi, diantaranya selekai administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKD). Pengumuman lulusan itu diumumkan oleh Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ponorogo lewat website resmi mereka pada tanggal 30 Oktober lalu.

“Hari ini dilakukan pembekalan kepada 491 orang yang dinyatakan lulus CPNS tahun 2019,” kata Kabid perencanaan dan pengadaan pengelolaan data dan sistem informasi ASN BKPSDM Ponorogo Iwan Yono Saputro, Kamis (5/11/2020).

Kemudian, mulai tanggal 6-15 November peserta yang lulus ini wajib mengisi daftar riwayat hidup dan mengunggah dokumen persyaratan lainnya melalui akun sscn masing-masing. Setelah itu, pada tanggal 15-30 November akan dilakukan verifikasi dan diusulkan penetapan nomor induk pegawai (NIP) ke Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Harapannya terhitung tanggal 31 Desember 2020 sudah jadi PNS dan tahun 2021 sudah bisa melaksanakan tugasnya di masing-masing instansi yang dilamarnya,” katanya.

Iwan menyebut bahwa sejauh ini belum ada dari peserta yang diumumkan diterima, berencana mengundurkan diri. Mekanismenya, pengunduran diri masih bisa dilakukan selama yang bersangkutan belum melakukan pemberkasan pengusulan NIP. Namun, kalau pengunduran diri dilakukan setelah NIP keluar, yang bersangkutan akan terkena sanksi. “Sanksinya adalah yang bersangkutan di tahun berikutnya tidak boleh mengikuti seleksi CPNS,” pungkasnya. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar