Politik Pemerintahan

Luhut Instruksikan JLS Banyuwangi – Jember Segera Terwujud

Foto ilustrasi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Mimpi jalur alternatif lintas selatan Banyuwangi menuju Jember nampaknya bakal segera terwujud. Pasalnya, pembangunan lanjutan Jalur Lintas Selatan (JLS) itu masuk agenda pembahasan dalam rakor sejumlah menteri.

Menko Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, saat memimpin rapat koordinasi (rakor) pengembangan Banyuwangi menyebut, selama ini, pembangunan JLS belum tuntas semua. Meski tinggal sekitar 20 kilometer.

“Terkait JLS, saya sudah instruksikan Kementerian PUPR untuk segera melanjutkan. Dirjen Cipta Karya pekan ini juga akan datang ke Banyuwangi untuk membahas lebih lanjut,” kata Luhut.

Menanggapi hal itu, Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera menyanggupi. Bahkan, telah menjadwalkan untuk berkunjung ke Banyuwangi.

“Saya mengutus Direktur Cipta Karya ke Banyuwangi untuk menginventarisasi program-program apa yang dibutuhkan Banyuwangi agar bisa kami bantu. Kamis atau Jumat besok, tim kami ke Banyuwangi,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam rakor virtual tersebut.

Rapat kordinasi pembangunan Banyuwangi bersama sejumlah menteri berlanjut di tingkat pusat. Sejumlah catatan saat rapat di Bumi Blambangan menjadi bahasan.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Anas optimistis, pembangunan JLS bakal mempercepat pergerakan ekonomi wilayah selatan. ”Akan ada denyut ekonomi baru dengan JLS ini. Ada banyak peluang pariwisata dan pertanian yang terbuka. Tentu ini juga mendorong pemulihan ekonomi setelah terpukul karena pandemi Covid-19,” ujarnya. [rin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar