Politik Pemerintahan

Logistik Surat Suara Pilkada Mulai Dicetak

Komisioner KPU Ponorogo Gaguk Ika menunjukkan contoh surat suara. (Foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Kurang dari sebulan pencoblosan, logistik Pilkada mulai di datangkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ponorogo. Karena masa pandemi Covid-19, alat pelindung diri (APD) juga termasuk logistik yang harus dipenuhi dalam pesta demokrasi tahun ini.

“Penyediaan APD ini bagi petugas maupun calon pemilih,” kata Komisioner KPU Ponorogo, Gaguk Ika, Kamis (19/11/2020).

Gaguk menyebut jika packing APD saat ini, masih menunggu kaus tangan plastik saja. Nanti, kalau sudah lengkap, APD ini lebih dahulu di kirim ke tingkat kecamatan. Sementara untuk logistik lainnya pengirimannya menyusul.

“Logistik lainnya pengirimannya menyusul. Seperti surat suara yang saat ini proses cetak,” katanya.

Untuk surat suara, KPU Ponorogo mencetak sebanyak 781.000 lembar. Jumlah tersebut lebih banyak dari daftar pemilih tetap (DPT) yang telah ditetapkan oleh KPU Ponorogo yaitu sebanyak 759.045 pemilih. Itu dilakukan karena sudah sesuai syarat yang ditentukan oleh peraturan KPU.

“Cetaknya, kami tambah 2,5 persen dari DPT. Itu memang syaratnya,” katanya.

Cetak kertas suara ini di Jawa Tengah. KPU Ponorogo mengirimkan stafnya untuk memantau proses pencetakan, dan telah menyiapkan pengamanan saat pengiriman dari tempat percetakan ke Ponorogo. Gaguk mengeklaim jika tanggal 24 November ini akan dikirim ke Ponorogo. Setelah sampai di Ponorogo, KPU masih harus melakukan pelipatan surat suara yang membutuhkan waktu 3 sampai 4 hari.

“Setelah pelipatan selesai, baru kemudian didistribusikan ke tingkat kecamatan,” pungkasnya. [end/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar